Logo Network
Network

Siswa SMA Karawang Raih Medali Emas di Perlombaan Matematika Internasional

Yogi Kurnia
.
Senin, 12 Februari 2024 | 12:51 WIB
Siswa SMA Karawang Raih Medali Emas di Perlombaan Matematika Internasional
Adam Tejakusuma, Siswa SMA Karawang Peraih Medali Emas di Perlombaan Matematika Internasional (Foto : iNewskarawang.id/Yogi Kurnia)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Adam Tejakusuma (18), siswa kelas 12 SMA Islam Terpadu Al-Irsyad asal Karawang baru saja meraih medali emas dalam perlombaan Matematika tingkat Internasional.

Ketika orang lain berfikir Matematika merupakan pelajaran yang sulit, Namun bagi Adam matematika adalah pelajaran yang menyenangkan.

Adam Bercerita, ia menyukai matematika sejak dirinya duduk di bangku sekolah Dasar (SD) dengan di bantu support orang tuanya dengan memberikan Les matematika.

"Kalau awal belajar matematika dari SD, orangtua juga memberikan les matematika dan kemudian saya perdalam dengan belajar otodidak," ujar Adam, Senin 12 Februari 2024.

Saat ia duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sudah mulai mengerti dengan pelajaran matematika, akhirnya Adam memberanikan diri untuk mengikuti lomba pertamanya.

"Pertama kali ikut lomba matematika itu waktu SMP dan orang tua juga sangat mendukung karena bagi mereka pendidikan adalah investasi," paparnya.

Kemudian Adam mulai serius dengan prestasinya saat di Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan banyak mengikuti perlombaan yang ada. Mulai dari tingkat Kabupaten hingga Internasional.

"Sebelum saya mendapatkan medali emas  di tingkat internasional, saya juga pernah mengikuti perlombaan yang sama pada tahun 2022 dan 2023, namun cuma dapat medali perunggu," ungkapnya.

"Saya pernah ikut lomba Thailand Internasional Matemathic Olimpiade, World Internasional Matemathic Olimpiade tapi pernah juga juara satu di tingkat kabupaten. Kebanyakan lomba internasional, pernah juga juara di perlombaan tingkat provinsi waktu ada lomba di Telkom University," tambahnya.

Menurutnya, yang paling susah dalam matematika itu adalah melatih penalarannya. Dan kini setelah Adam berhasil meraih juara pertama di tingkat internasional, Adam mendapatkan beasiswa secara menyeluruh dari pemerintah China untuk melanjutkan studi.

Meski telah mendapatkan beasiswa dari China, Adam masih berusaha untuk dapat lolos melanjutkan pendidikan di salah satu universitas yang terdapat di Singapura yang ia inginkan.

"Saya baru dapat beasiswa di Chinese University of Hongkong di Chenzen dan sekarang saya juga sedang mengikuti tes essay di salah satu universitas Singapura. Akhir-akhir ini saya suka coding jadi akan mengambil IT untuk kuliah nanti," pungkasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini