get app
inews
Aa Read Next : Contoh Sambutan Ketua Panitia Isra Miraj yang Menarik dan Berkesan

Mengungkap 8 Fakta Menarik Masjid Al-Aqsa, Saksi Perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad

Kamis, 08 Februari 2024 | 01:25 WIB
header img
Masjid Al-Aqsa di Palestina (Foto: Pexels/Yasir Gurbuz)

JAKARTA, iNewsKarawang. d- Sebagaima diketahui Masjid Al-Aqsa merupakan tempat ibadah yang memiliki daya tarik yang luar biasa di Kota Yerusalem, Palestina, terletak di dalam kompleks seluas 35 hektare.

Bahkan Badan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui Unesco mengakui sebagai situs warisan dunia.

Namun, tempat suci ini telah menjadi pusat perhatian dunia setelah pasukan zionis Israel mendudukinya dan menjadikan umat muslim di sana tidak pernah tenang dalam beribadah, karena selalu dalam bayang-bayang teror penindasan.

Masjid Al-Aqsa merupakan kiblat pertama umat Islam yang juga saksi bisu perjalanan Isra Miraj baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam saat naik menghadap Allah ke sidratul muntaha untuk menerima perintah salat lima waktu.

Berikut delapan fakta menarik tentang Masjid Al-Aqsa yang merupakan tempat suci ketiga kaum muslimin sedunia itu, sebagaimana dikutip dari laman muslimhands.org.uk.

1. Tidak hanya satu masjid

Ada beberapa masjid di wilayah yang kita kenal sebagai Masjid Al-Aqsa, bukan hanya satu. Sering kali kita mengira bahwa Masjid Al-Aqsa hanya merujuk pada bangunan di sudut selatan kompleks.

Namun, yang sebenarnya adalah Masjid Qibali, yang letaknya paling dekat dengan kiblat, dan keseluruhan kompleks dikenal sebagai Masjid Al-Aqsa atau Al-Haram Asy-Syarif.

2. Saksi perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad

Masjid Al-Aqsa pernah menjadi persinggahan Rasulullah dalam perjalanannya dari Masjidil Haram di Kota Makkah. Peristiwa ini juga diabadikan dalam Alquran, di mana Nabi Muhammad kemudian menembus langit hingga lapis ketujuh menaiki buraq dengan pengawalan Malaikat Jibril alaihissalam.

3. Kubah batu asli terlihat berbeda

Ikonik dalam kompleks, sebenarnya telah mengalami perubahan signifikan sepanjang sejarahnya. Awalnya dibangun dari kayu dengan penutup kuningan, timah, atau keramik oleh penguasa Umayyah, Abdul Malik bin Marwan. Hingga akhirnya direnovasi dengan tambahan lapisan emas selama masa pemerintahan Ottoman, khususnya Sulaiman yang Agung.

4. Tempat pemakaman

Selain sebagai tempat ibadah, Komplek Masjid Al-Aqsa juga digunakan sebagai tempat pemakaman, meski tidak ada catatan pasti tentang siapa yang dimakamkan di sana. Namun, banyak nabi dan sahabat

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam diyakini dimakamkan di tanah Al-Haram Asy-Syarif tersebut.

5. Mimbar legendaris

Dalam sejarah Masjid Al-Aqsa juga mencatat mimbar legendaris yang dibangun oleh Imad ad-Din Zengi, anggota dinasti Zengid, Turki. Mimbar ini tidak hanya indah, tapi juga dibuat tanpa menggunakan paku atau lem.

Sayangnya, Imad ad-Din tidak sempat melihat kemenangan tersebut, tetapi anak didiknya Salahuddin memenuhi keinginan gurunya, dan setelah membebaskan Yerusalem untuk kedua kalinya dalam sejarah Islam, ia memasang mimbar tersebut.

6. Tempat pembuangan sampah

Pada masa lalu, kompleks ini digunakan sebagai tempat pembuangan sampah oleh penduduk Romawi yang mengasingkan orang-orang Yahudi.

Namun, ketika Umar bin Khattab membuka kota ini untuk Islam, ia membersihkan tempat tersebut dengan tangan kosong dan memberikan hak kepada keluarga-keluarga pengungsi untuk tinggal di Yerusalem sekali lagi.

7. Tempat Imam Al-Ghazali hasilkan karya terbesarnya

Imam Abu Hamid Al-Ghazali, salah satu ulama terkemuka dalam sejarah Islam, menghabiskan sebagian besar masa hidupnya di Masjid Al-Aqsa, di mana ia menulis karya terbesarnya, Ihya' Ulumuddin yang berarti menghidupkan kembali ilmu-ilmu agama.

8. Pernah terbakar

Pada tahun 1969, seluruh Masjid Qibali mengalami kebakaran, menyoroti pentingnya menjaga dan merawat situs bersejarah ini.

Bahkan, pada tahun 2019, sebuah penggalangan dana dilakukan untuk mengganti sistem pencahayaan lama masjid yang telah ada selama 30 tahun dan menimbulkan risiko kebakaran.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut