get app
inews
Aa Read Next : Real Count KPU Sementara Pileg DPRD Karawang : NasDem Tertinggi, Golkar-PKS Bersaing Ketat

Dihadapan 48 Ribu Petugas KPPS Ketua KPU Karawang Minta Penyelenggara Pemilu Jaga Integritas

Rabu, 31 Januari 2024 | 15:57 WIB
header img
Ketua KPU Karawang, Mari Fitriana (kiri) Bersama Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono (kanan), (Foto : iNewskarawang.id/Frizky Wibisono)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Komisi Umum (KPU) Karawang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada 48.230 petugas KPPS di Kabupaten Karawang pada (26-31/1/2024). Kegiatan ini sebagai upaya penguatan integritas kepada badan adhok KPU Karawang dalam pelaksanaan pemilu 2024.

Ketua KPU Kabupaten Karawang, Mari Fitriana mengingatkan bahwa sebagai penyelenggara pemilu anggota KPPS maupun PPS dan PPK juga memiliki hak pilih, namun integritas sebagai penyelenggara pemilu harus lebih dikedepankan.

"Ya hari ini hari terakhir pelaksanaan bimtek untuk menguatkan kepada PPK, PPS, maupun KPPS. Kita juga sebagai penyelenggara memiliki hak pilih, tapi harus tetap netral saat bekerja sebagai penyelenggara," ujarnya.

Sementara untuk pemberian honor kepada KPPS, KPU Karawang memastikan akan diberikan langsung kepada ketua KPPS masing-masing melalui sistem transfer.

"Jadi untuk ketua KPPS seluruhnya itu nanti dibuatkan rekening masing-masing dan untuk penyalurannya nanti, untuk ketua dan anggota KPPS akan menerima honornya melalui ketua KPPS, jadi tidak melalui Rekening BOP PPS ataupun rekening BOP nya PPK," jelasnya.

Kendati demikian, pihaknya mengimbau untuk penyelenggara pemilu agar tidak melakukan pemotongan terhadap hak-hak petugas KPPS.

"Kami mengimbau kepada penyelenggara pemilu jangan ada pemotongan hak dari petugas KPPS dan kepada rekan-rekan petugas KPPS untuk tetap menjaga kesehatan, karena walaupun umur tidak ada yang tahu tapi kita harus tetap jaga kesehatan, contohnya perhari ini saja sudah ada 3 orang anggota KPPS yang meninggal, jadi kita harapkan teman-teman KPPS ini bisa lebih menjaga lagi kesehatannya," Tuturnya.

Sementara itu Kapolres Karawang, AKBP Whirdanto Hadicaksono mengatakan, pihaknya sudah mewanti-wanti agar pelaksanaan penyelenggaraan pemilu nanti tidak terjadi kecurangan, karena hal tersebut akan menimbulkan konflik yang berpotensi memecah belah bangsa.

"Kami meminta agar penyelenggara pemilu jangan sampai melakukan kecurangan, khususnya saat pemungutan suara, semua harus sesuai dengan aturan," ungkap Kapolres Karawang, pada hari, Rabu, (31/1/2024) di Hotel Swissbell Karawang.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut