get app
inews
Aa Read Next : Real Count KPU Sementara Pileg DPRD Karawang : NasDem Tertinggi, Golkar-PKS Bersaing Ketat

Bansos-BLT Cair Februari Jelang Pemilu 2024, Sri Mulyani : Bansos-BLT Itu Instrumen dalam APBN

Rabu, 31 Januari 2024 | 13:10 WIB
header img
Daftar Bansos-BLT Cair Februari Jelang Pemilu 2024 (Foto: Okezone)

JAKARTA,iNewsKarawang.id-Jelang Pemilu 2024 yang diselenggarakan pada 14 Februari 2024, bantuan pemerintah bansos-BLT akan cair.

Diketahui pencairan bansos-BLT pada Februari 2024 memang sudah dijadwalkan. Terlebih lagi bansos-BLT merupakan instrumen dalam APBN.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, bansos termasuk dalam program perlindungan sosial (perlinsos) yang sudah memiliki anggaran dalam APBN 2024. "Tercatat, anggaran perlinsos dalam APBN 2024 mencapai Rp493,5 triliun,"ungkap Sri Mulyani dalam konferensi pers hasil KSSK pada Selasa (30/1/2024).

Dijelaskannya, bansos-BLT merupakan instrumen dalam APBN. Penegasan ini disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menanggapi karena ada polemik pembagian bansos menjelang pemilihan presiden (pilpres) 14 Februari yang dianggap menguntungkan pihak tertentu.

"Bansos itu adalah instrumen dalam APBN, APBN adalah undang-undang, undang-undang APBN itu dibahas bersama seluruh partai politik di Senayan dan sesudah menjadi undang-undang dia menjadi instrumen negara bersama, ini untuk menekankan bahwa Bansos tahun 2023 nilainya Rp476 triliun," jelas Sri Mulyani.

Sri Mulyani menyebutkan, mekanisme penyaluran bansos dilakukan melalui Kementerian Sosial dengan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) serta data tambahan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang berfokus pada upaya pengentasan kemiskinan ekstrem.

“Jadi, eksekutor untuk program seperti PKH dan Kartu Sembako itu melalui Kementerian Sosial. Kalau bantuan pangan dalam bentuk beras eksekutornya itu adalah Badan Pangan Nasional (Bapanas),” ujarnya.

Berikut ini daftar Bansos-BLT yang akan cair Februari 2024:

1. Bansos PKH dan Kartu Sembako

Peningkatan anggaran perlinsos mencakup Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Sembako yang naik sebesar Rp7,4 triliun menjadi Rp81,2 triliun.

Bansos termasuk dalam program perlindungan sosial (perlinsos) yang mencakup Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 9,9 juta keluarga penerima manfaat (KPM), Kartu Sembako untuk 18,7 juta KPM.

2. Bansos Beras 10 Kg

Saat ini pencairan bansos beras 10 kg terus dilakukan pemerintah. Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memperpanjang pemberian bansos beras 10 kilogram hingga Juni 2024.

3. BLT Rp200.000

Pemerintah akan kembali menyalurkan BLT Rp200.000 per bulan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) untuk memitigasi risiko pangan. BLT ini pengganti BLT El Nino.

BLT Rp200.000 diberikan 3 bulan, mulai dari Januari, Februari dan Maret 2024. Namun, pencairannya dilakukan sekaligus pada Februari, dengan demikian masyarakat akan mendapatkan BLT Rp600.000.

Anggaran BLT ini mencapai Rp11,25 triliun untuk 18 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

4. Program Indonesia Pintar (PIP) Kemendikbud

PIP merupakan bantuan subsidi pendidikan bagi pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Program Indonesia Pintar (PIP) ditargetkan untuk 18.594.627 juta siswa. Di mana alokasi anggaran sebesar Rp13,4 triliun pada 2024.

Rincian anggaran perlinsos 2024

Secara lebih rinci, peningkatan anggaran perlinsos mencakup Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Sembako yang naik sebesar Rp7,4 triliun menjadi Rp81,2 triliun.

Kemudian, anggaran untuk Program Indonesia Pintar (PIP), KIP Kuliah, Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (PBI JKN), bantuan iuran pekerja bukan penerima upah dan bukan pekerja (PBPU BP) kelas III, serta bansos lainnya ditingkatkan sebesar Rp10,3 triliun. Dengan demikian, anggaran untuk program-program tersebut menjadi Rp82,3 triliun.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut