get app
inews
Aa Read Next : Real Count KPU Sementara Pileg DPRD Karawang : NasDem Tertinggi, Golkar-PKS Bersaing Ketat

Kabar Mahfud MD Bersihkan Kantor, Ini Respon Ganjar Pranowo Berkelakar!

Rabu, 31 Januari 2024 | 12:33 WIB
header img
Ganjar Pranowo/Okezone

MALANG, iNewsKarawang. id-Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo yang menjadi pasangannya di kontestasi Pilpres pun buka suara soal Mahfud MD Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam) dikabarkan mulai membersihkan ruang kerjanya, untuk persiapan mundur dari jabatannya. 

"Saya belum mengetahui informasi adanya Cawapres Mahfud MD, yang mulai bersih - bersih kantor untuk persiapan mundur menjadi Menkopolhukam,"kata Ganjar. 

Ia  akan menanyakannya kembali ke Mahfud MD."(Bersih-bersih kantor kode Mahfud MD mundur) nanti saya tanya Pak Mahfud," kata Ganjar seusai bertemu dengan kiai kampung di Ponpes Babussalam, Desa Banjarejo, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, pada Selasa malam (30/1/2024).

Bahkan Ganjar berkelakar bila partnernya tersebut memang rajin bersih-bersih kantor, rumah, dan apapun. Maka pria berusia 55 tahun ini juga tak kaget ketika ada kabar Mahfud MD, yang mulai bersih-bersih karena dikabarkan akan mundur dari jabatan Menkopolhukam Republik Indonesia.

"Pak Mahfud itu kan rajin, rumah saja dibersihkan," jawab Ganjar singkat sembari melempar senyum, ketika ditanya wartawan mengenai bersih-bersih kantornya Prof. Mahfud MD.

Tetapi Ganjar percaya bahwa Mahfud MD akan mengambil keputusan tepat. Fokusnya saat ini dirinya dan Mahfud MD adalah bergerak untuk menyapa rakyat, serta memenangkan Pilpres 2024. Ia berjanji, ketika menang Pilpres nanti dirinya dan Mahfud MD, bakal nyata bersih-bersih, entah itu praktek tidak benar dalam hal apapun, termasuk bantuan sosial (bansos) yang masih kurang tepat sasaran, serta rawan dipolitisasi.

"Prof Mahfud MD adalah orang yang hebat. Beliau akan membersihkan semuanya nanti," pungkasnya.

Sebagai informasi, Muhammad Mahfud MD Menteri Koordinator Bidang Hukum Politik dan Hak Asasi Manusia (Menkopolhukam) yang juga Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3 berpasangan dengan Ganjar Pranowo, santer diisukan mengundurkan diri.

Pengunduran diri itu disampaikan ketika acara diskusi talkshow Tabrak Prof. di Semarang, Jawa Tengah. Pengunduran diri itu sebagaimana saran dari Ganjar Pranowo, serta kesepakatan awal di antara keduanya.

"Apa yang disampaikan Pak Ganjar ke publik sore ini adalah kesepakatan saya dengan Pak Ganjar sejak awal," kata Mahfud dalam acara 'Tabrak Prof' di Semarang, Jateng.

Mahfud mengungkapkan, alasan tidak mengumumkan mundur dari jabatan Menkopolhukam pada saat ini. Dia mengatakan berdasarkan aturan yang berlaku, menteri hingga wali kota tidak harus mundur ketika berkontestasi dalam Pemilu 2024.

Ia juga ingin menjadi teladan bagi pejabat lain bahwa dirinya tak pernah memanfaatkan fasilitas negara untuk kepentingan kampanye meski merangkap jabatan.

Presiden Jokowi sendiri tidak menghalangi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md untuk mundur. Jokowi berujar mundur atau tidaknya Mahfud MD, merupakan hak pribadinya. Tapi selama ini ia tak melarang bila ada menteri atau pejabat pemerintahan terlibat kontestasi Pemilu, tidak mundur dari jabatannya.

Diketahui memang belakangan hubungan Presiden dan PDIP, partai utama pendukung pemerintah, disebut retak. Penyebabnya putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden dari Prabowo Subianto.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut