get app
inews
Aa Read Next : Satgas PASTI Blokir 585 Pinjol Ilegal dan Pinjaman Pribadi

Ini Respon Sri Mulyani soal Mahasiswa ITB Bayar Kuliah Pakai Pinjol

Selasa, 30 Januari 2024 | 15:45 WIB
header img
Sri Mulyani soal Mahasiswa ITB Bayar Kuliah Pakai Pinjol (Foto: Kemenkeu)

JAKARTA,iNewsKarawang.id-Perihal mahasiswa ITB bayar kuliah pakai pinjol, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meresponnya  langsung turun tangan dengan menyiapkan student loan.

"Sekarang ini Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sedang menggodok dan merumuskan kebijakan terkait bantuan pinjaman,"ungkap Sri Mulyani dalam konferensi pers Hasil KSSK, Selasa (30/1/2024).

Menurut Sri Mulyani, pihaknya sedang membahas dalam dewan pengawas LPDP meminta LPDP untuk mengembangkan kemungkinan mendevelop yang disebut student loan.

Sri Mulyani mengaku juga waspada terhadap student loan tersebut karena di negara maju seperti Amerika Serikat (AS) sudah dilakukan dan menimbulkan masalah jangka panjang.

"Maka kita juga akan melihat, kita sudah membahas dengan perbankan, LPDP nanti akan merumuskan bagaimana affordability dari pinjaman itu sehingga tidak memberatkan student tapi juga tetap mencegah terjadinya moral hazard dan tetap memberikan afirmasi terutama pada kelompok yang tidak mampu, itu semua kombinasi yang harus nanti kita capture dalam desainnya," kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani menambahkan, saat ini LPDP sedang membahasnya untuk bisa kemudian disampaikan dan diputuskan di dalam dewan pengawas.

"Kita akan terus memperbaiki, mempertajam meng-address berbagai isu mengenai human capital, terutama di bidang pendidikan melalui program yang bisa didanai oleh LPDP, tapi LPDP tidak satu-satunya untuk meng-address isu human capital," ujarnya.

Adapun pemerintah punya dana pendidikan melalui transfer ke daerah, lewat Kemendikbud, BRIN dan lainnya. LPDP adalah komplemennya, jadi jangan kemudian memikirkan satu-satunya untuk mengadili semua isu hanya LPDP.

"Itu semuanya ada dalam berbagai Kementerian lembaga jadi jangan sampai cuma melihat dari satu sisi saja," ujar Sri Mulyani.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut