get app
inews
Aa Read Next : Timnas Yordania Tembus ke Final Piala Asia 2023, usai Bungkam 2-0 Timnas Korea Selatan

Skuad Garuda Tetap Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023 Meski Kalah dari Jepang,Ini Hitung-hitungannya!

Rabu, 24 Januari 2024 | 12:53 WIB
header img
Timnas Indonesia tetap berpeluang lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 sekalipun kalah dari Jepang. (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Timnas Indonesia tetap lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 meski Kalah dari Jepang. Ini hitung-hitungannya.

Timnas Indonesia vs Timnas Jepang di matchday pamungkas Grup D Piala Asia 2023, Rabu 24 Januari 2024 pukul 18.30 WIB. Bagi Timnas Indonesia bisa dibilang laga hidup mati karena laga ini penting menentukan lolos atau tidaknya Timnas Indonesia ke 16 besar Piala Asia 2023.

Diketahui setelah melalui dua pertandingan, Jepang dan Timnas Indonesia menempati posisi dua dan tiga Grup D dengan tiga angka. Jepang berada di posisi yang lebih baik karena unggul selisih gol atas Timnas Indonesia, yakni +1 berbanding -1.

Melihat kondisi sekarang, Jepang hanya butuh hasil imbang kontra Timnas Indonesia untuk lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 sebagai runner-up Grup D. 

Sementara Timnas Indonesia, wajib menang untuk lolos otomatis ke 16 besar Piala Asia 2023 sebagai runner-up Grup D (Irak yang kini mengoleksi enam angka sudah tak mungkin tergeser dari puncak klasemen karena unggul head-to-head atas Jepang dan Indonesia).

Lantas, bagaimana jika Timnas Indonesia kalah atau imbang dari Jepang malam ini? Apakah Timnas Indonesia masih punya kans lolos ke 16 besar Piala Asia 2023?

Jawabannya masih punya peluang. Namun, penentuan lolos atau tidaknya Timnas Indonesia baru akan diketahui pada Kamis 25 Januari 2024 malam WIB setelah seluruh pertandingan fase grup Piala Asia 2023 rampung digelar.

Sekadar diketahui, selain juara dan runner-up grup, ada empat tim peringkat tiga terbaik yang berhak lolos ke 16 besar Piala Asia 2023. Jika imbang atau kalah dari Jepang, Timnas Indonesia masih bisa lolos ke 16 besar, via peringkat tiga terbaik, namun bergantung hasil pertandingan lain.

Ada dua pertandingan di grup lain yang memengaruhi nasib skuad asuhan Shin Tae-yong jika kalah dari Jepang malam ini. Dua pertandingan yang dimaksud mempertemukan Yordania vs Bahrain (Grup E) dan Oman vs Kirgistan (Grup F)

Ambil contoh semisal Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Jepang. Jika skor ini yang terjadi, Rafael Struick dan kawan-kawan wajib berharap Yordania menang selisih tiga gol atas Bahrain dan laga Oman vs Kirgistan berakhir imbang.

Kirgistan diizinkan menang atas Oman, asalkan tidak lebih dari 1-0. Jika Timnas Indonesia kalah 0-1 dari Jepang atau tumbang dengan selisih satu gol, Yordania wajib menang selisih dua gol atas Bahrain dan laga Oman vs Kirgistan berakhir imbang, atau Kirgistan menang selisih satu gol atas Oman.

Satu harapannya, Timnas Indonesia tampil militan melawan Jepang. Dengan begitu, peluang Timnas Indonesia memberi kejutan Jepang sangat terbuka lebar.

Berikut Klasemen Sementara Peringkat 3 Terbaik Piala Asia 2023:

1. Palestina: Main 3, Menang 1, Imbang 1, Kalah 1, Selisih Gol 0, Poin 4

2. Suriah: Main 3, Menang 1, Imbang 1, Kalah 1, Selisih Gol 0, Poin 4

3. Bahrain: Main 2, Menang 1, Imbang 0, Kalah 1, Selisih Gol -1, Poin 3

4. Indonesia: Main 2, Menang 1, Imbang 0, Kalah 1, Selisih Gol -1, Poin 3

5. China: Main 3, Menang 0, Imbang 2, Kalah 1, Selisih Gol -1, Poin 2

6. Oman: Main 2, Menang 0, Imbang 1, Kalah 1, Selisih Gol -1, Poin 1

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut