get app
inews
Aa Read Next : Real Count KPU Sementara Pileg DPRD Karawang : NasDem Tertinggi, Golkar-PKS Bersaing Ketat

Ganjar dan Prabowo Diprediksi Bersaing Ketat di Pilpres 2024, Berpotensi 2 Putaran

Kamis, 28 Desember 2023 | 13:51 WIB
header img
Ganjar Pranowo/Foto: MNC Portal

JAKARTA,iNewsKarawang.id-Terkait elektabilitas vapres-cawapres  pada Pemilu 2024, Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia (FAPTI)-Alvara Research Center melakukan survei nasional.

Sekretaris Jenderal FAPTI, Eko Nugroho mengatakan, pihaknya menerima hasil survei ini di awal Desember. "Hasil survei menujukkan bahwa secara top of mind dan survei terbuka, awareness atas partai politik tertinggi adalah Golkar sebesar 92.9%, diikuti PDIP sebesar 92.6% dan Gerindra sebesar 89.9%,"papar Eko Nugroho di Jakarta, Kamis (28/12/2023).

"Suara PDI Perjuangan cukup tinggi di wilayah Jawa dan Maluku Papua, sedangkan Gerindra elektabilitas tertinggi di Sumatera, Bali, Nusa Tenggara dan Kalimantan, dan Nasdem lebih tinggi di Sulawesi,”kata Eko.

Menurut Eko, dalam survei yang dilakukan organisasinya dan Alvara ini, dilakukan penebalan responden khusus di Jawa, dengan tambahan 4.000 orang responden,. “Hasilnya memperlihatkan responden di Jawa Tengah akan memilih pasangan Ganjar – Mahfud MD (47%) diikuti Prabowo – Gibran (32.8%),” tuturnya.

Adapun responden di Jawa Timur akan memilih pasangan Prabowo – Gibran (45,8%) dan Ganjar – Mahfud (30.9%). Sedangkan di DKI Jakarta, kebanyakan responden memilih pasangan Anies – Muhaimin (34,1%) diikuti Ganjar - Mahfud (31.4%).

"Forum Alumni Perguruan Tinggi memandang penting untuk melakukan survei sendiri, guna memberikan gambaran kepada alumni perguruan tinggi terkait pilihan dan jenis isu yang dianggap penting oleh masyarakat,” tutup Eko.

Ketua FAPTI Andre Rahadian menambahkan, terkait pemilihan presiden, hasil survei memperlihatkan bahwa dari ketiga pasangan Capres – Cawapres, kebanyakan responden akan memilih pasangan Prabowo - Gibran (46%), Ganjar Pranowo - Mahfud MD sebesar ( 26.4 %) dan Anies Baswedan - Muhaimin sebesar (21.3%), dan yang tidak tahu (6.3 %). Margin of error dalam survei ini sebesar 2.8%.

“Pemilih Jokowi – Ma’ruf Amin di tahun 2019 cukup banyak yang memilih pasanganGanjar Pranowo – Mahfud MD, sedangkan pemilih Prabowo – Sandi akan tetap memilih Prabowo yang berpasangan dengan Gibran di tahun 2024,” ungkapnya.

Andre menegaskan, berdasarkan hasil survei tersebut, belum ada pasangan calon presiden yang memiliki suara lebih dari 50%. “

Sehingga, kemungkinan besar Pemilu akan berlangsung dua putaran. Dan, peluang paling besar yang masuk ke putaran kedua adalah Prabowo – Gibran dan Ganjar – Mahfud,” ucapnya.

“Sehingga, para alumni dapat lebih bisa berkontribusi dalam hajatan nasional lima tahunan yang penting ini. Survei juga dilakukan untuk menjaga agar pemilu berlangsung secara jujur dan adil,” tutup Andre.

Sekadar diketahui, survei dilakukan di seluruh Indonesia melibatkan 1.262 responden secara nasional, dan 4.000 responden di Jawa. Profil responden didominasi oleh generasi Z dan milenial sebesar 74.9%, dengan 56.2% merupakan warga perkotaan.

FAPTI sendiri beranggotakan alumni dari perguruan tinggi negeri dan swasta, antara lain Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Indonesia (UI), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Parahyangan (UNPAR), Universitas Padjajaran (UNPAD), dan lain-lain.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut