get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Perusahaan Bandel Bayar Pajak PBB P2, Bapenda Gandeng Kejari Karawang Tagih Tunggakan Rp179 Miliar

Senin, 13 November 2023 | 11:54 WIB
header img
Perusahaan Bandel Bayar Pajak PBB P2, Bapenda Gandeng Kejari Karawang Tagih Tunggakan Rp179 Miliar (Foto : Ilustrasi)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Karawang menggandeng Kejaksaan Negeri Karawang untuk menagih tunggakan Pajak PBB P2 sejumlah perusahaan kepada Pemerintah Daerah, dengan total tunggakan sebesar Rp.179 Miliar.

Kepala Bapenda Karawang Asep Aang Rahmatullah melalui Sekretaris Bapenda Karawang, Sahali mengatakan jika tunggakan pajak PBB P2 itu tidak dibayarkan oleh Perusahaan selama bertahun-tahun, dan jumlah tunggakan yang sudah mencapai Rp.179 itu sudah termasuk denda.

“Jumlahnya sudah plus denda. Sebagai tindak lanjut MoU Bapenda dan kejaksaan meneken serta mengeluarkan surat kuasa khusus (SKK),” kata Sahali.

Lebih lanjut, kata Sahali, laporan dari bidang pengendalian dan evaluasi khusus yang mengurusi piutang pajak daerah saat ini tengah fokua menagih pajak PBB P2, tim kejaksaan saat ini masih berupaya mengaih piutang dari beberapa perusahaan yang sampai saat ini tak kunjung menggubris undangan dari tim kejaksaan.

“Ada tiga kali undangan. Saat ini baru melayangkan undangan pertama ke wajib pajak yang menunggak tersebut,” ujarnya

Ia juga mengaku kesulitan mengurus pajak PBB P2 para perusahaan nakal itu karena telalu banyak alasan. Oleh sebab itu pihaknya menggandeng Kejari Karawang untuk menagih tunggakan pajak tersebut.

“Salah satunya beberapa perusahaan kantor pusatnya berada di luar daerah jadi kami kesulitan mengejar karena selalu banyak  alasan para wajib pajak ini untuk mengindari penagihan kewajiban membayar pajaknya,” tutur Sahali.

"Jadi, diharapkan dengan bantuan tim Kejari Karawang, para wajib pajak yang menunggak selama bertahun-tahun ini bisa segera melunasi kewajiban membayar pajaknya sesegera mungkin pada tahun ini, sehingga mampu menyumbang kenaikan capaian pemasukan ke PAD Kabupatan Karawang pada sektor PBB P2," Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut