get app
inews
Aa Read Next : Pelajar Kedapatan Tawuran Miliki Sajam Bakal Dijerat UU Darurat, Penjara 10 Tahun

Sepanjang 2023, Tercatat 4.000 Anak Jadi Korban Kekerasan Seksual

Rabu, 27 September 2023 | 19:25 WIB
header img
Komnas PA catat sebanyak 4 ribu anak menjadi korban kekerasan seksual. (MPI/Widya Michella)

JAKARTA - iNewsKarawang.id
Kasus kekerasan seksual pada anak terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya. Sepanjang 2023 terdapat 4.000 kasus. 

Demikian catatan Penjabat sementara Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA), Lia Latifah kepada wartawan Rabu (27/9/2023).

"Ini kita data se-Indonesia ya sampai dengan pertengahan tahun kemarin bulan Juli kasus kekerasan seksual yang dilaporkan ke Komnas Anak itu jumlahnya sudah hampir 4.000 kasus. Itu angka tahun 2023 dari bulan Januari sampai dengan Juni semester awal," kata Lia.

Dia mengatakan angka tersebut memang mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. "Sudah ada peningkatan, kemarin aja 1 hari kemarin sudah ada kasus yang sama. Dari satu hari kemarin tanggal 26 ada 6 laporan, tapi memang bukan dari Jakarta ya," ucapnya.

Adapun pihaknya tengah menyiapkan sejumlah program guna menurunkan angka kekerasan seksual pada anak dengan cara mitigasi risiko melalui sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Program itu nantinya akan dimulai pada awal Oktober 2023 salah satunya ke Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

"Iya jadi nanti ada sosialisasi dan edukasi kepada warga. Yang paling penting adalah meningkatkan kewaspadaan orang tua dalam mengawasi anak-anaknya, terutama yang ada di permukiman padat," katanya.

"Kita akan ada program lanjutan, kita terjun langsung ke masyarakat kemudian titik mana saja yang sering terjadi pelecehan seksual, kekerasan seksual. Kemudian ada anak-anak yang menjadi narkoba gitu ya, nah itu yang sudah mulai dipetakan wilayahnya, khususnya di Tambora," tutur dia.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut