get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Kucing Endemik Asli Indonesia Ikut Dalam Ajang International Cat Show World Cat Federation

Sabtu, 23 September 2023 | 20:09 WIB
header img
Andi Setiawan Breeder Kucing Busok Asal Jakarta (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Kucing Busok, kucing domestik endemik yang berasal dari Pulau Raas di Indonesia ikut serta dalam ajang International Cat Show World Cat Federation (WCF) 2023 yang diselenggarakan di Hotel Swissbelinn Karawang, Sabtu,(23/9/2023)

Kucing domesitik endemik asli kepulauan Raas, Indonesia tersebut diikut sertakan oleh salah satu breeder asal Jakarta bernama Andi Setiawan.

Dikatakan Andi, alasan dirinya membawa kucing busok dalam ajang international cat show untuk menjadikan kucing asal Pulau Raas tersebut sebagai kucing pedigree.

"Dari empat tahun lalu, WCF ini berusaha untuk menjadikan kucing busok menjadi kucing pedigree dan sudah memiliki standar breed WCF," kata Andi, Sabtu,(23/9/2023)

Sambungnya, sampai saat ini sudah ada 4 warna kucing busok yang sudah diakui WCF. "Yang sudah diakui sampai saat ini, ada 4 warna, hitam, coklat, lilac dan biru," jelasnya


Kucing Busok, Kucing Domestik Endemik Asli Kepulauan Raas, Indonesia

Ia juga menyebut jika karakter kucing busok sendiri tidak berbeda jauh dengan kucing domestik lokal Indonesia lainnya. Yang membedakan hanya karena kucing busok tersebut hanya ada di Pulau Raas dan Madura saja.

"Enggak jauh berbeda dengan kucing lokal Indonesia lainnya, kucing busok ini punya karakteristik Ekor pendek, dengan standar breed 3-12 cm dan ekornya agak melengking, agak agresif kalau langsung diambil dari Pulau Raas nya, karena memang itu merupakan kucing liar disaana," katanya

Tidak hanya itu, Ia juga mengatakan jika kucing tersebut telah memiliki Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI). Dan dirinya sendiri telah mem-breeding kucing tersebut dengan tujuan kucing busok dapat lebih diakui oleh negara luar dan dapat diikut sertakan dalam kontes kucing Internasional lainnya.

"Kucing busok ini sudah di haki kan oleh Pemerintah Kepulauan Raas. Dan kita juga mem-breeding kucing ini di Jakarta, Bandung dan Sidoarjo, walaupun skalanya masih kecil dengan hadapan kucing bursok ini diakui oleh negara luar dan dapat diikut sertakan dalam kontes kucing Internasional di mancanegara ," tandasnya

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut