get app
inews
Aa Read Next : Peneliti Ungkap Peranan Perempuan di Sektor Pertanian Perlu Diperkuat

Bertarung Melawan Gagal Panen, Begini Kisah Inspiratif Petani Karawang Setelah Bergabung Eratani

Rabu, 02 Agustus 2023 | 20:38 WIB
header img
Petani Karawang Dapat Harapan Baru dengan Eratani Agritech. (iNewskarawang.id/Frizky Wibisono)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Sebuah cerita penuh haru terhampar di balik rutinitas seorang petani di Desa Sabajaya, Karawang, Jawa Barat. Seperti ribuan petani lainnya, kehidupannya berputar di sekitar sawah dan panen yang menjadi penentu rezekinya.

Nujanam namanya, seorang petani yang tegar dan penuh semangat, adalah salah satu dari ratusan petani lainnya di daerah tersebut.

Bagi Nujanam, bertani adalah hidupnya. Dia tumbuh di tengah-tengah kebun yang ditanami dedikasi dan pengorbanan keluarganya selama beberapa generasi.

Namun, takdir membawanya menghadapi masa-masa sulit ketika serangkaian gagal panen meruntuhkan usahanya.

"Tidak mudah, Mas," kata Nujanam dengan suara rendah, mencoba menekan kesedihannya.

"Selama bertahun-tahun, saya telah berjuang dengan bantuan sedikit dari cuaca yang tidak menentu. Tapi dua musim terakhir, saya menghadapi kegagalan besar yang mengancam kelangsungan hidup keluarga saya."keluhnya.

Dalam perjalanannya ini Nujanam bergabung dengan Eratani, startup ekosistem agritech Indonesia yang mendorong integrasi teknologi dalam operasi budidaya pertanian, terutama komoditas padi.

Solusi komprehensif Eratani sendiri terdiri dari pendanaan petani, manajemen rantai pasok, distribusi komoditas, dan pendampingan dan bantuan pertanian.

Perjalanan ini memberinya harapan baru dan perubahan besar dalam kehidupannya sebagai petani yang lebih modern.

Dalam masa kelamnya itu, datanglah mitra yang menawarkan harapan dan solusi komprehensif yang memungkinkan petani untuk bangkit dari keterpurukan.

Melalui kerjasama dengan Eratani, Pak Nujanam menerima dana yang sangat dibutuhkan untuk memperbaiki tanah yang rusak dan membeli benih yang berkualitas.

Pada saat yang sama, solusi manajemen rantai pasok Eratani membantu memastikan keberlangsungan tanaman, mulai dari masa tanam hingga panen.

Dengan akses yang lebih baik ke pasar, hasil panen Nujanam bisa tersalurkan secara optimal.

Namun, kisah Nujanam tidak berakhir di situ saja. Suatu hari, cuaca buruk yang tak terduga datang dan menghancurkan panennya.

Namun, berbeda dengan masa lalu, kali ini Nujanam telah bekerja sama dengan Eratani yang telah memberinya perlindungan penuh atas hasil panennya.

"Saya tak sangka, semua usaha saya selama ini tak sia-sia berkat Eratani," ucap Nujanam dengan terharu.

"Mereka mengasuransikan hasil panen saya sepenuhnya. Jadi, meski cuaca menyengsarakan, saya tak kehilangan apa pun." Ungkapnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut