get app
inews
Aa Read Next : Menpan RB Sebut Seleksi CPNS 2024, Guru dan Tenaga Kesehatan Diprioritaskan

Lowongan CPNS Akan Dibuka Lagi Tahun Ini, Catat Waktunya!

Kamis, 13 Juli 2023 | 10:36 WIB
header img
Seleksi CPNS (Foto : ilustrasi)

JAKARTA, iNewskarawang.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas menyampaikan, seleksi CPNS akan segera dibuka pada September 2023.

Pada seleksi CPNS tahun 2023 ini Pemerintah membuka lowongan sebanyak 1,03 Juta formasi dengan porsi 80 % akan diisi oleh Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dan 20% sisanya akan diisi oleh fresh graduate.

"CPNS ada kurang lebih 1.03 juta Formasi ASN, tempat yang kita ajukan, kira kira komposisinya kita selesai 80% PPPK 20% fresh graduate. Sebentar lagi kan sedang disiapkan, mulainya September, kan ini masih di validasi dan seterusnya," ujar Anas saat ditemui di Gedung DPR, Selasa, (11/7/2023)

Lebih lanjut, Anas mengatakan jika porsi pembagian Fresh Graduate akan meningkat ditahun selanjutnya. Alias 30% untuk fresh graduate dan PPPK 70%. Hal itu bertujuan agar memberikan porsi yang lebih besar kepada masyarakat yang baru lulus, sehingga tidak harus menyelesaikan atau masuk dahulu ke PPPK maupun menjadi honorer.

"Berikutnya yang fresh graduate bisa 30% PPPK 70%, ini untuk mengakomodir harapan publik bisa menjadi ASN, supaya tidak menyelesaikan honorer, tapi honorer tetap kita prioritaskan, karena mereka sudah mengabdi kepada layanan publik," ujarnya

Dengan hal tersebut, dirinya berharap seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) bisa segera menyelesaikan kebutuhan formasi kebutuhan tenaga kerja dan dapat mengoptimalkan formasi yang sudah disediakan.

"Harapannya Daerah dan Kementerian lembaga bisa mengoptimalkan formasi yang kita siapkan," sambungnya.

Semenyara itu secara detail, rencana kebutuhan ASN secara nasional tahun 2023 ditetapkan formasi sebanyak 1.030.751 terdiri dari CPNS dan PPPK. 

Detail penetapan jumlah kebutuhan (formasi) setiap kementerian/lembaga/daerah (K/L/D) masih dalam proses finalisasi sejalan dengan proses validasi dari usulan yang disampaikan masing-masing instansi.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut