Logo Network
Network

Arus Lalin Jalur Puncak Mulai Padat Jelang Akhir Libur Panjang Sekolah

Putra Ramadhani Astyawan/Erwin
.
Jum'at, 07 Juli 2023 | 20:15 WIB
Arus Lalin Jalur Puncak Mulai Padat Jelang Akhir Libur Panjang Sekolah
Jalur menuju Puncak, Bogor (Foto: Putra R)

BOGOR, iNewsKarawang.id - Terpantau cukup padat arus lalu lintas di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat menjelang akhir pekan libur panjang sekolah pada Sabtu (7/7/2023) sore ini. Terjadi peningkatan volume kendaraan yang menuju kawasan tersebut.

"Situasi arus lalu lintas di hari Jumat saat ini memang tadi pagi sempat terpantau ramai untuk arus yang untuk menuju Jalur Puncak. Itu memang imbas libur sekolah, sehingga memang dari hari Senin arus yang menuju puncak cukup ramai," kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto ditemui MNC Portal di Simpang Gadog, Jumat (7/7/2023).

Kata dia, pihaknya sudah menerjunkan sebanyak 46 personel yang berjaga di Jalur Puncak. Tak hanya itu, pihaknya juga sempat memberlakukan sistem oneway dari arah Puncak menuju Jakarta siang tadi.

"Memang tren saat ini bersamaan dengan libur sekolah, arus lalu lintas yang akan menuju Puncak memang cukup meriah dan ramai. Bahkan, terjadi peningkatan dibanding hari weekdays biasa pada saat anak-anak sekolah," ujarnya.

Adapun peningkatan kendaraan yang terjadi sekitar 15-20 persen. Kondisi ini diprediksi akan terus terjadi di Jalur Puncak hingga libur sekolah berakhir.

"Peningkatannya mulai dari 15 sampai dengan 20 persen. Sehingga kami prediksi untuk di hari Sabtu juga masih akan terjadi peningkatan seperti layaknya weekend biasa," jelas Ardian.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kepadatan yang terjadi pada esok hari pihaknya sudah menyiapkan berbagai rekayasa lalu lintas. Mulai dari contra flow untuk yang mengarah ke Sukabumi selepas Exit GT Ciawi, ganjil genap menuju Puncak dan oneway.

"Untuk arus data kendaraan masuk rata-rata ada di 18.000 sampai 22.000 kendaraan yang menuju Jalur Puncak. Momentum libur sekolah untuk rekayasanya kami laksanakan melihat situasional," ujarnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.