get app
inews
Aa Read Next : 3 Wanita Cantik yang Bikin Heboh di Sepanjang Gelaran SEA Games 2023

Kenapa Presiden Federasi Sepakbola Kamboja Pilih Mundur? Begini Penjelasanya

Selasa, 09 Mei 2023 | 12:02 WIB
header img
Sao Sokha Resmi Mundur dari Jabatan Ketua Umum FFC (Foto : istimewa)

JAKARTA, iNewskarawang.id - PRESIDEN Federasi Sepakbola Kamboja (FFC), Sao Sokha merealisasikan janjinya, yakni mundur dari jabatan sebagai Ketua Umum Federasi Sepakbola Kamboja jika Timnas Kamboja U-22 gagal lolos ke semifinal SEA Games 2023.

Ia memilih mundur dari jabatannya pada Minggu, 7 Mei 2023 malam WIB.

"Setelah tak mampu bersaing di Grup A, saya menunaikan janji sebagai bentuk tanggung jawan. Saya mengumumkan pengunduran diri dari jabatan presiden Federasi Sepakbola Kamboja,” tulis Sao Sokha di laman resmi Facebook-nya, Minggu 7 Mei 2023 malam WIB.

"Per Minggu malam, saya memberikan jabatan presiden kepada yang mulia Khiev Sameth yang sebelumnya menduduki posisi wakil presiden,” lanjut pria yang memiliki latar belakang militer ini.

Kemudian pertanyaan muncul, kenapa Sao Sokha mengundurkan diri ketika Kamboja masih berpeluang lolos ke semifinal SEA Games 2023? Setelah melalui tiga pertandingan di Grup A SEA Games 2023, Timnas Kamboja U-22 duduk di posisi tiga dengan koleksi empat angka.

Kamboja terpaut dua poin dari Myanmar di posisi dua, plus tertinggal lima angka dari Timnas Indonesia U-22 di puncak klasemen. Jika Kamboja menang atas Timnas Indonesia U-22 di laga terakhir, plus di laga lain Myanmar gagal menang atas Filipina, tuan rumah yang bakal mendampingi Timnas Indonesia U-22 ke semifinal SEA Games 2023.

Disinyalir, pilihan mundur diambil karena Sao Sokha melihat superioritas Timnas Indonesia U-22 di Grup A SEA Games 2023. Skuad Garuda Muda –julukan Timnas Indonesia U-22– benar-benar menggila di SEA Games 2023 dengan memenangkan tiga laga awal.

Timnas Indonesia U-22 masing-masing menang 3-0 atas Filipina, menggilas Myanmar 5-0 dan menghancurkan Timor Leste 3-0. Jika Timnas Indonesia U-22 bermain seperti sekarang, peluang mereka menang atas Kamboja sangat besar.

Karena itu, Sao Sokha memilih mundur dari jabatannya sebelum laga Kamboja melawan Timnas Indonesia U-22 dimulai. Jika benar gagal lolos ke semifinal, Kamboja tak sanggup mengikuti pencapaian di SEA Games 2019.

Saat itu di luar dugaan Kamboja lolos ke semifinal SEA Games 2019 dengan statusnya sebagai runner-up Grup A. Kamboja finis di atas Malaysia dan hanya kalah dari pemuncak klasemen Grup A SEA Games 2019, Timnas Myanmar U-22.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut