get app
inews
Aa Read Next : Gegara Mempelai Pria Ketinggalan Rombongan Pengantin, Terpaksa Naik Pikap

Karyawan Ini Menang Undian Cuti Berbayar Selama 365 Hari, Bikin Iri !

Minggu, 23 April 2023 | 22:22 WIB
header img
Foto: Douyin

BEIJING, iNewskarawang.id - Setelah dilaporkan memenangkan cuti berbayar selama 365 hari, dalam undian yang diselenggarakan oleh perusahaan tempatnya bekerja, seorang pria di China telah membuat banyak orang cemburu . Videonya beredar viral di media sosial Tiongkok dalam sekira sepekan terakhir.

Dalam video tersebut memperlihatkan seorang pria  duduk di kursi yang terlihat seperti ruang perjamuan dan memegang papan besar bertuliskan "365 hari cuti berbayar". Tak butuh waktu lama, video itu menarik perhatian media, yang kemudian mengidentifikasi lokasi dan acara apa yang sedang berlangsung dalam rekaman itu.

Ternyata acara dalam rekaman itu adalah rapat tahunan yang digelar sebuah perusahaan di Shenzen, Provinsi Guangdong, China, yang manajemennya ingin meredakan ketegangan para karyawannya dengan menawarkan hadiah menggiurkan dalam sebuah undian.

Chen, seorang karyawan administrasi perusahaan, yang tidak disebutkan namanya, mengatakan kepada wartawan bahwa majikannya tidak mengadakan pertemuan tahunan dalam tiga tahun karena pandemi Covid-19, sehingga diputuskan untuk menghilangkan stres karyawan dengan mengadakan undian, di mana karyawan bisa memenangkan hadiah dan hukuman yang menyenangkan.

Misalnya, seseorang dapat diminta untuk mengonsumsi 'minuman buatan rumah khusus' atau 'bertindak sebagai pelayan untuk kolega mereka' di acara tersebut, sementara hadiahnya mencakup satu atau dua hari istirahat tambahan, atau cuti berbayar beberapa hari lagi. 

Setelah mendiskusikan ide tersebut dengan bos, penyelenggara undian pertemuan tahunan memutuskan untuk memasukkan hadiah undian yang sangat murah hati yang benar-benar akan membuat semua orang lengah. Dan begitulah hadiah '365 hari cuti berbayar' muncul. Itu dimenangkan oleh seorang manajer muda yang terlihat membawanya dalam video viral.

Sifat tidak biasa dari hadiah tersebut telah membuat banyak pekerja China tidak percaya, karena berbagai alasan. Beberapa mengatakan bahwa mereka hanya bisa bermimpi memenangkan cuti berbayar selama setahun penuh, sementara yang lain mengklaim bahwa hadiah itu sederhana adalah jebakan terselubung.

"Begitu Anda kembali dari liburan, pekerjaan itu tidak akan menjadi milik Anda lagi,” komentar seseorang di platform berbagi video China Douyin (TikTok), sebagaimana dilansir Oddity Central.

Sementara orang lain memperingatkan bahwa dengan cara ini bos akan mengetahui apakah ketidakhadiran karyawan itu berdampak atau tidak terhadap perusahaan. Yang lain mengatakan bahwa pemenang juga akan kehilangan bonus potensial dan harus mengucapkan selamat tinggal pada peluang promosinya dengan menerima hadiah.

Ada juga yang mengabaikan peringatan tersebut, mengklaim bahwa mereka akan mengambil cuti berbayar selama setahun meskipun berisiko dipecat segera setelah itu.

“Setelah setahun, jika saya kembali dan merasa tidak dapat melanjutkan, saya akan berganti pekerjaan,” tulis seseorang di Weibo.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut