get app
inews
Aa Read Next : Meski Numpang Mobil saat Lomba, Pelari Maraton Menang Lomba

Ketahuan Menggunakan Mobil saat Lomba, Pelari Maraton Skotlandia Didiskualifikasi 

Kamis, 20 April 2023 | 20:25 WIB
header img
Lari marathon (Foto: istimewa)

MANCHESTER, iNewsKarawang.id - Pelari ultramaraton Skotlandia Joasia Zakrzewski telah didiskualifikasi karena menggunakan mobil saat balapan di Manchester, Inggris awal bulan ini. Zakrzewski ketahuan setelah data GPS menunjukkan dia menempuh jarak satu mil lebih cepat dari kemungkinan manusia.

Pelari berusia 47 tahun itu finis di tempat ketiga pada balapan GB Ultras Manchester ke Liverpool pada 7 April. Namun, direktur GB Ultras Wayne Drinkwater mengatakan kepada BBC pada Selasa, (18/4/2023) bahwa dia kemudian menemukan bahwa Zakrzewski telah memperoleh “keunggulan kompetitif yang tidak sportif selama bagian dari acara.”

Drinkwater mengatakan bahwa penyelenggara lomba menerima tip yang menyatakan Zakrzewski telah berbuat curang, dan setelah meninjau data pelacakan GPS, menemukan bahwa dia telah "mengambil transportasi kendaraan" sejauh 2,5 mil (4 km) dari rute 50 mil (80 km), demikian dilansir dari RT.

Data menunjukkan Zakrzewski menempuh satu mil dalam satu menit dan 40 detik. Salah satu temannya mengatakan kepada BBC bahwa Zakrzewski merasa "benar-benar menyesal" karena curang, dan melakukannya karena "perlombaan tidak berjalan sesuai rencana", dan dia "merasa sakit dan lelah serta ingin keluar".

Zakrzewski adalah pelari ulung, dan memenangkan perlombaan 48 jam di Taipei Ultramarathon di Taiwan pada Februari, menempuh rekor dunia 255 mil (412km) dalam dua hari. Dia memenangkan medali perak untuk Inggris Raya di kejuaraan IAU World 100km di Belanda pada 2011, dan meraih perunggu di Qatar pada 2014 dan sekali lagi di Belanda pada 2015.

Dia saat ini memegang rekor marathon 24 jam Skotlandia, rekor 200k Inggris, dan rekor 100 mil Skotlandia.

Drinkwater mengatakan kepada BBC bahwa insiden Zakrzewski telah dirujuk ke Trail Running Association dan UK Athletics untuk penyelidikan lebih lanjut.

Zakrzewski bukanlah pelari jarak jauh pertama yang menggunakan kendaraan untuk mendapatkan keuntungan. Frederick Lorz, pemenang maraton di Pertandingan Olimpiade 1904, didiskualifikasi setelah diketahui bahwa manajernya mengantarnya sejauh 11 mil terakhir balapan. Pada 1979, medali emas Rosie Ruiz di New York City Marathon dicabut setelah diketahui bahwa dia mengendarai kereta bawah tanah kota untuk sebagian besar balapan dan hanya berlari sejauh 800 meter terakhir.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut