get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Bacaan Doa Kembali ke Kampung Halaman

Jum'at, 14 April 2023 | 20:12 WIB
header img
ilustrasi

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Bacaan doa masuk kampung halaman, perlu Anda panjatkan saat pulang mudik lebaran 2023. Mudik menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu saat momen lebaran.

Setelah beberapa tahun terakhir, mudik dilakukan terbatas bahkan sempat dilarang di tahun 2019, akhirnya di tahun ini, umat Islam diperbolekan untuk melakukan mudik ke kampung halaman.

Aktivitas pulang ke kampung halaman itu memang sudah menjadi rutinitas banyak orang di Tanah Air pada akhir bulan Ramadan. Mereka ingin merayakan Idul Fitri bersama sanak saudara di kampung halaman tercinta.

Namun perlu diingat, hendaknya setiap Muslim memerhatikan adab-adab ketika mudik Lebaran. Tak hanya membaca doa perjalanan saat mudik, juga membacakan doa saat memasuki kampung halaman.

Dikutip dari situs NU online, Rasulullah SAW mengajarkan para sahabat untuk berdoa agar kampung halaman memberikan keberkahan bagi penduduknya khususnya bagi mereka yang pulang kampung.

Berikut ini doa Rasulullah SAW ketika melihat kampung halaman, dikutip dari Al-Adzkar karya Imam An-Nawawi.

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ لَنَا بِهَا قَرَارًا وَرِزْقًا حَسَنًا

Allâhummaj‘al lanâ bihâ qarârâ, wa rizqan hasanâ

 

Artinya: “Tuhanku, jadikan kampung ini tempat tinggal kami dan jadikan desa ini sebagai rezeki yang baik.”

 

Diharapkan dengan dipanjatkannya doa tersebut, kampung halaman kita selalu dibawah penjagaan Allah SWT. Dengan demikian desa tersebut dapat memberikan kenyamanan bagi penduduknya, dan memberikan berkah bagi mereka.

Wallahu a’lam.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut