Logo Network
Network

Mengapa Besi Bisa Berkarat? Berikut Penjelasanya

Andera Wiyakintra/Shandy Thabrany
.
Rabu, 12 April 2023 | 09:30 WIB
Mengapa Besi Bisa Berkarat? Berikut Penjelasanya
Mengapa Besi Bisa Berkarat?

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Karat sebenarnya adalah senyawa yang sangat umum. Nama ilmiahnya adalah oksida besi (Fe2O3). Karat terbentuk ketika besi dan oksigen bereaksi dengan adanya air atau uap air di udara.

Namun, tahukah Anda bahwa karat tidak selalu berwarna coklat kemerahan? Ternyata ada karat yang berwarna hijau

Apabila besi bereaksi dengan klorida di lingkungan bawah air, dapat terbentuk karat hijau. Perubahan warna ini sering terlihat pada baja yang digunakan sebagai pilar atau struktur di dalam air.

Berbagai sumber menyatakan bahwa terjadinya karat disebabkan oleh korosi yang dialami oleh besi atau paduannya, seperti baja. Korosi sendiri merupakan proses kerusakan yang terjadi pada logam akibat reaksi kimia dengan lingkungan sekitarnya. Dalam hal ini, reaksi antara besi atau baja dengan air atau udara menyebabkan terbentuknya karat pada permukaannya.

Permukaan sepotong besi akan terkorosi terlebih dahulu dengan adanya oksigen dan air. Seiring berjalannya waktu, sepotong besi akan berubah seluruhnya menjadi karat dan hancur.

Proses berkarat adalah reaksi pembakaran, yang mirip dengan api. Besi yang dibiarkan terpapar oksigen akan bereaksi, inilah yang membentuk karat. Tidak seperti pembakaran, reaksi yang terjadi jauh lebih lambat dan tidak menimbulkan api.

Beberapa faktor dapat mempercepat proses terjadinya karat pada logam, salah satunya adalah keberadaan air yang dapat mempercepat reaksi kimia antara besi atau baja dengan oksigen di udara. Selain itu, zat-zat seperti garam atau bahan kimia lainnya juga dapat meningkatkan kecepatan terjadinya karat pada logam dengan membentuk lingkungan yang lebih korosif. Hal ini terjadi karena zat-zat tersebut dapat mempercepat konduktivitas air, sehingga mempercepat terjadinya reaksi kimia pada permukaan logam.

Untuk mencegah karat, besi dapat dilapisi. Hal ini mencegah reaksi dengan oksigen dan air. Salah satu proses tersebut disebut galvanisasi.

Proses ini biasanya melibatkan pelapisan benda besi dengan lapisan seng. Seng membantu menghentikan besi bereaksi dengan oksigen dan air untuk membentuk karat.

Metode lain untuk mencegah karat jauh lebih sederhana dan umum. Apa itu? Cat! Itu benar. Lapisan cat sederhana dapat mencegah besi bereaksi dengan oksigen dan air di lingkungan.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini