get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Ini Daftar Universitas Negeri di Indonesia dengan UKT Tertinggi

Jum'at, 07 April 2023 | 22:15 WIB
header img
Universitas Indonesia (UI). Foto/Dok/Humas UI

4. Universitas Padjadjaran (Unpad) Siapa yang tak kenal Universitas Padjadjaran (Unpad)? Kampus di Jawa Barat ini juga menjadi favorit dan diincar oleh banyak calon peserta didik. Untuk biaya UKT, mahasiswa Unpad yang diterima melalui jalur SNBP dan SNBT membayar UKT per semester sesuai kelompok UKT, mulai dari Rp500 ribu hingga Rp24 juta.

Sementara, mahasiswa yang masuk melalui seleksi mandiri jalur nilai ujian, UKT berkisar Rp6 juta hingga Rp20,5 juta.
 

5. Universitas Gadjah Mada (UGM) Beralih ke Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi primadona hampir seluruh calon mahasiswa di Indonesia. Selain kualitas kampusnya yang sangat baik, lokasinya juga sangat mendukung bagi kegiatan pembelajaran. UGM menetapkan UKT dalam dua macam, yakni UKT Pendidikan Unggul dan UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi. Besarannya berbeda-beda, sesuai program studi. UKT Pendidikan Unggul berkisar dari Rp7,6 juta sampai yang termahal Rp24,7 juta. Sedangkan UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi, tarifnya berkisar dari Rp0 (subsidi 100%) hingga Rp18,525 juta (subsidi 25%)

Program studi dengan biaya termahal adalah kedokteran hewan, kedokteran, dan kedokteran gigi. Sementara itu, prodi dengan UKT paling murah adalah bahasa dan kebudayaan Indonesia, bahasa dan kebudayaan Korea, pariwisata, bahasa, sastra, dan budaya Jawa, bahasa dan kebudayaan Jepang, bahasa dan sastra Prancis, serta sastra Arab.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut