get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Ini Daftar Universitas Negeri di Indonesia dengan UKT Tertinggi

Jum'at, 07 April 2023 | 22:15 WIB
header img
Universitas Indonesia (UI). Foto/Dok/Humas UI

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Sebagaimana diketahui reputasi PTN atau Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia memang sangat baik. Sebagian besar calon mahasiswa membidik berbagai PTN favorit untuk menjadi wadah dalam menuntut ilmu. 

Namun untuk biaya pendidikan, tarif antara PTN dan PTS sebenarnya tidak jauh berbeda, bahkan tak jarang PTN yang lebih mahal. 

Berikut adalah 5 PTN di Indonesia dengan UKT tinggi. 

1. Universitas Indonesia (UI) Universitas Indonesia (UI) adalah kampus top di Indonesia dan mencari incaran banyak calon peserta didik. Di Asia Tenggara, UI menduduki peringkat 10 dan 49 di Asia pada tahun 2023.

Jika menilik tahun sebelumnya, peringkat UI di Asia jelas mengalami peningkatan. Sebelumnya, kampus bergengsi ini ada di posisi ke-56. UI juga menjadi salah satu PTN dengan UKT tinggi. Melansir data yang ada di laman resminya, untuk biaya operasional pendidikan berkeadilan (BOP-B) program S1 kelas reguler, UI mematok UKT hingga Rp7,5 juta pada rumpun sains teknologi dan kesehatan. Sementara, masih di rumpun yang sama, UKT biaya operasional pendidikan pilihan (BOP-P) tertinggi sebesar Rp20 juta.

 2. IPB University Selanjutnya ada IPB University yang mengunggulkan fakultas pertanian. IPB university menduduki peringkat 449 dunia pada tahun 2022 dan peringkat 6 di dalam negeri. Secara keseluruhan, UKT di IPB terdiri atas 5 golongan. Melihat pada golongan 5, UKT tertinggi yang harus dibayar sebesar Rp12 juta untuk prodi kedokteran hewan. UKT golongan 5 termurah adalah untuk mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen serta Fakultas Ekologi Manusia khusus prodi komunikasi dan pengembangan masyarakat), yakni Rp10 juta. Sedangkan UKT golongan 1 sama pada setiap prodi, sebesar Rp2,4 juta. 
 
3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Kampus lain di Indonesia yang bonafide dengan UKT cukup tinggi adalah Institut Teknologi Bandung (ITB). Institusi pendidikan ini sangat terkenal sejak era kolonial dan pernah menjadi tempat belajar Presiden pertama RI, Bung Karno. ITB menerapkan uang kuliah berbeda, sesuai dengan fakultas yang dipilih.

Melalui keterangan di laman resminya, peserta didik yang diterima melalui jalur SNBP dan SNBT dikenakan UKT mulai Rp0 hingga Rp12,5 juta. Sedangkan khusus mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, UKT paling tinggi sebesar Rp20 juta. Sementara itu, peserta didik yang diterima melalui jalur seleksi mandiri atau SM-ITB harus membayar Rp12,5 juta hingga Rp25 juta. 

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut