get app
inews
Aa Read Next : Ini Respon Sri Mulyani soal Mahasiswa ITB Bayar Kuliah Pakai Pinjol

Menkeu Sri Mulyani Ramal Tensi Geopolitik Memanas hingga 2024 Jadi Ancaman Baru

Kamis, 06 April 2023 | 11:14 WIB
header img
Menkeu Sri Mulyani angkat bicara soal viral foto dirinya dijemput mobil Toyota Alphard yang masuk ke apron Bandara Soekarno-Hatta beberapa waktu lalu. ( Foto:MPI)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa di tahun 2023 hingga 2024, tensi geopolitik masih tinggi. Sejak awal 2023, tensi geopolitik terus memanas. 

"Tantangan geopolitik jangka menengah panjang juga tinggi, baik dari global political power shift, maupun dari kebijakan pengendalian emisi karbon," ujar Sri dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat 2023 secara virtual di Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Selain itu, Sri menilai bahwa EU Carbon Border Adjustment Mechanism (CBAM) bisa berdampak negatif pada industri atau sektor tertentu di negara berkembang, seperti semen, aluminium, besi baja, kimia, dan yang lainnya.

Bahkan, US Inflation Reduction Acts (IRA) berpotensi mempertajam kompetisi subsidi terkait green economy, termasuk dengan Eropa. Hal ini dapat menjadi ancaman bagi negara dengan keterbatasan modal dan teknologi hijau, termasuk Indonesia.

"Kalau dilihat dari judul legislasinya atau Undang-Undang (UU)-nya, sepertinya fokusnya menurunkan inflasi di AS. Namun konten dari legislasi itu sangat jelas untuk melakukan deglobalisasi, meng-onshorekan, atau mengembalikan semua investasi ke AS sehingga AS tidak tergantung kepada negara seperti China yang selama ini hubungan perdagangan dan investasinya sangat luar biasa," jelasnya.
Dua raksasa ekonomi ini, sebut dia, akan sangat mempengaruhi bagaimana arus modal bergerak. Karena tidak lagi ditetapkan oleh hanya insentif ekonomi, namun juga insentif dari sisi keamanan.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut