get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Kenapa Buaya Tidak Mau Memangsa Capybara ? Ini Alasannya 

Selasa, 04 April 2023 | 21:48 WIB
header img
Capybara dan buaya. (Foto: aol.com)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Hewan pengerat terbesar di dunia yang mirip dengan marmut adalah capybara atau kapibara. Namun buaya tidak memangsa hewan tersebut. Hal ini terkuak alasannya. 

Sebagaimana diketahui buaya dikenal sebagai reptil ganas dan punya gerakan cepat. Bisa memangsa apa saja jika butuh makan. Tapi, buaya tidak akan memakan capybara, spesies endemik yang banyak dijumpai di kawasan hutan hujan Amerika.

Mengutip dari Youtube CRC Channel, capybara adalah hewan yang sangat sosial, biasanya hidup secara berkelompok dengan jumlah mulai dari 10 hingga 100 ekor per kelompok.

Capybara juga juga merupakan hewan yang membutuhkan banyak air untuk hidup. Sehingga capybara banyak ditemukan hidup di daerah dengan vegetasi yang lebat dan dekat sumber air seperti kolam, sungai maupun danau. Bahkan capybara banyak menghabiskan waktu di dekat ataupun di dalam air.

Di habitat aslinya, capybara hidup di lingkungan dengan banyak predator seperti jaguar, anaconda, dan buaya. Akibatnya, kebanyakan capybara tidak bisa hidup sampai dewasa lantaran terlebih dahulu dimangsa oleh predator di lingkungannya.

Namun saat capybara dan buaya saling bertemu, buaya tidak memangsa capybara dan cenderung saling mengabaikan. Meski terkadang buaya juga memangsa anak capybara. Namun, buaya sangat jarang memangsa capybara dewasa.

Lantas mengapa buaya tidak memangsa capybara dewasa?

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut