get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

5 Manfaat Makan Ikan untuk Mata, Salah Satunya Mencegah Katarak

Minggu, 02 April 2023 | 20:51 WIB
header img
Foto : ilustrasi

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, memang dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata. Oleh karena itu, wortel sering dihidangkan sebagai sayuran, terutama untuk anak-anak.

Meskipun demikian, ikan juga merupakan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata dan dapat diolah dengan berbagai macam cara. Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi ikan untuk menjaga kesehatan mata, seperti yang dilaporkan oleh KlikDokter.

Mencegah Degenerasi Makula

Menurut sebuah studi, wanita yang secara teratur mengonsumsi ikan memiliki risiko yang lebih rendah untuk menderita age-related macular degeneration (AMD) atau degenerasi makula terkait usia. Penyakit AMD ini biasanya terkait dengan penuaan dan dapat merusak penglihatan tengah secara bertahap.

Para peneliti di Brigham and Women's Hospital dan Harvard Medical School di Boston mengumpulkan data dari 38.022 wanita yang belum pernah didiagnosis dengan AMD. Salah satu penulis studi tersebut, William G. Christen, menyatakan bahwa data yang diamati masih dalam tahap pengujian acak, sehingga perlu ada konfirmasi lanjutan.

Penelitian ini meneliti kebiasaan makan para partisipan, termasuk konsumsi asam lemak omega-3 dan omega-6. Wanita yang mengonsumsi banyak asam lemak omega-3 memiliki risiko 38 persen lebih rendah terkena AMD dibandingkan mereka yang makan lebih sedikit asam lemak omega-3.

"Dengan mengonsumsi ikan sebanyak 1 atau lebih dalam seminggu, risiko AMD lebih rendah 42 persen dibandingkan mengonsumsi ikan 1 porsi dalam sebulan," tulis laporan tersebut.

Cegah Katarak

Selain itu, mengonsumsi ikan juga dianggap dapat membantu mencegah katarak. Katarak dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan omega-3, seperti ikan. Meskipun demikian, manfaat ikan untuk mencegah katarak ini masih perlu diteliti lebih lanjut.


Dukung Perkembangan Mata Janin

Ketika hamil, sangat penting untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Hal ini meliputi konsumsi ikan sebagai sumber protein yang baik untuk membantu pembentukan organ janin, termasuk mata.

Menjaga Kesehatan Saraf Mata

Konsumsi makanan tinggi omega-3 juga dapat membantu menjaga kesehatan saraf, termasuk pada organ mata. Bila ingin mata berfungsi optimal, jangan malas makan ikan, ya!

Mencegah Mata Kering

Mata kering biasanya menjadi keluhan seseorang ketika banyak menatap layar gadget. Nah, manfaat mengonsumsi ikan yang kaya akan omega-3 adalah membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah dry eye. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut