Logo Network
Network

4 Keutamaan Bulan Suci Ramadhan, Simak Selengkapnya

Vitrianda Hilba Siregar/Iqbal Maulana Bahtiar
.
Sabtu, 25 Maret 2023 | 21:59 WIB
4 Keutamaan Bulan Suci Ramadhan, Simak Selengkapnya
(Foto : ilustrasi)

JAKARTA, iNewskarawang.id - Sudah bukan hal yang biasa jika bulan ramadhan disebut sebagai bulan penuh  berkah.

Bagaimana tidak, menurut kepercayaan umat islam, pahala kita akan dilipatgandakan di bulan itu. Oleh sebab itu banyak umat muslim yang berlomba-lomba mencari keberkahan bulan ramadhan.

Tapi tahukah kalian bahwa bulan Ramadhan juga memiliki keutamaan tersendiri. Seperti yang dijelaskan Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal, ada 4 keutamaan di bulan suci ramadhan, yakni :

1. Ramadhan adalah Bulan Diturunkannya Al Qur’an

Dikutip dari buku " Ringkasan Panduan Ramadhan, Bekal Meraih Ramadhan Penuh Berkah" dikutip pada Senin (1/3/2021) disebutkan Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia. Bulan ini dipilih sebagai bulan untuk berpuasa dan pada bulan ini pula Al Qur’an diturunkan. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman:

‎شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al Baqarah: 185)

Ibnu Katsir rahimahullah tatkala menafsirkan ayat yang mulia ini mengatakan, ”(Dalam ayat ini) Allah Ta’ala memuji bulan puasa –yaitu bulan Ramadhan- dari bulan-bulan lainnya. Allah memuji demikian karena bulan ini telah Allah pilih sebagai bulan diturunkannya Al Qur’an dari bulan-bulan lainnya. Sebagaimana pula pada bulan Ramadhan ini Allah telah menurunkan kitab ilahiyah lainnya pada para Nabi ’alaihimus salam.” 

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini