get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Berikut 5 Negara yang Pernah Menolak Keras Bermain Lawan Timnas Israel

Kamis, 23 Maret 2023 | 18:58 WIB
header img
Timnas Israel sering ditolak main di banyak negara (Foto: Twitter/ISRAELFA)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Di sini akan dibahas sebanyak 5 negara yang pernah menolak keras bermain lawan Timnas Israel akan dibahas di sini. Salah satu di antaranya adalah Timnas Indonesia.

Kontroversi terjadi belakangan karena Timnas Israel U-20 bakal tampil di Piala Dunia U-20 2023 yang akan dihelat di Indonesia. Alasan kemanusiaan dan keagamaan menjadi hal yang dicatut atas penolakan tersebut.

Sejarahnya, Timnas Israel memang sering mendapatkan penolakan bertanding. Termasuk Timnas Indonesia, berikut adalah sejumlah yang pernah menolak keras bermain kontra Timnas Israel dari berbagai masa.
 

Berkut 5 Negara yang Pernah Menolak Keras Bermain Lawan Timnas Israel

5. Timnas Argentina

Timnas Argentina pernah dijadwalkan tampil menghadapi Israel dalam sebuah laga uji coba pada 2018. Namun demikian, para pemain kemudian menolak untuk bertanding karena alasan politis.

Hal ini didukung oleh striker Timnas Argentina kala itu, Gonzalo Higuain. Menurutnya, Federasi Sepakbola Argentina (AFA) telah mengambil keputusan tepat untuk membatalkan laga uji coba kontra Israel.

4. Timnas Iran

Timnas Iran merupakan kubu yang paling keras dalam menolak bermain dengan Timnas Israel. Bahkan, Iran Hajsafi dan Shojaei yang memperkuat Panionios FC pernah dicoret dari skuad Timnas Iran karena menghadapi klub Israel.

Keduanya dianggap sudah melewati batas merah Iran dengan bermain menghadapi tim asal Israel. Hal itu tidak dapat diterima oleh negara sehingga mereka berdua tidak disertakan dalam skuad Timnas Iran.

3. Timnas Mesir

Pada kualifikasi Piala Dunia 1958, Timnas Mesir hendak bermain menghadapi Israel. Mesir, yang juga tergabung dalam grup yang sama dengan Indonesia, menolak untuk bermain menghadapi Israel.

Hal ini merupakan bentuk solidaritas kepada warga Palestina. Mesir merupakan negara muslim dan hal ini melatarbelakangi keputusan untuk menolak Israel.

2. Timnas Turki

Sama halnya seperti Mesir, Timnas Turki juga menolak untuk bertanding kontra Israel di kualifikasi Piala Dunia 1958. Turki mendukung penuh Palestina dan menolak Israel.

Israel sendiri akhirnya sampai kepada play-off Piala Dunia 1958. Namun demikian, mereka kalah dengan skor 2-0 dari Wales dan gagal tampl di putaran final Piala Dunia 1958.

1. Timnas Indonesia

Lagi-lagi pada babak kualifikasi Piala Dunia 1958. Layaknya Turki dan Mesir, Timnas Indonesia juga harus berhadapan untuk Israel demi sebuah tiket untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 1958.

Namun, Garuda – julukan Timnas Indonesia – menolak untuk bertanding dengan mereka. Hal ini kemudian menyebabkan Timnas Indonesia gagal tampil di putaran final Piala Dunia 1958.

Kemudian, pada Asian Games 1962, Presiden Soekarno menolak tegas untuk mengundang Israel. Diancam sanksi, hal ini tidak menyurutkan niat Soerkarno untuk tidak mengundang Israel ke Indonesia.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut