get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Berikut 4 Macam Buah yang Dapat Menjaga Cairan Dalam Tubuh Saat Berpuasa

Jum'at, 10 Maret 2023 | 14:46 WIB
header img
Semangka (Foto: freepick)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Puasa memberikan banyak manfaat untuk tubuh manusia. Saat kita berpuasa, tubuh akan melakukan proses detoksifikasi secara efektif dengan membuang zat-zat atau racun yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Terdapat manfaat lain dari berpuasa yaitu memungkinkan sel-sel di dalam organ tubuh kita untuk melakukan regenerasi dengan efektif. Meskipun begitu, saat berpuasa tubuh kita akan kekurangan cairan. Oleh karena itu, salah satu makanan yang sangat dianjurkan untuk menghidrasi tubuh selama berpuasa adalah buah-buahan.

Nah, jika Anda ingin memiliki tubuh yang bugar di bulan Ramadan ini, berikut 5 jenis buah-buahan dengan kandungan tinggi air yang bisa Anda konsumsi berdasarkan rekomendasi ahli gizi dan ahli diet, Vidhi Chawla yang dilansir Pink Villa.

1.    Semangka 

 Buah semangka kaya akan kandungan air, serat, dan vitamin C. Selain itu, semangka juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.


2.    Mentimun

 Mentimun adalah buah yang sangat rendah kalori namun kaya akan kandungan air dan elektrolit, sehingga sangat baik untuk menghidrasi tubuh selama berpuasa. Selain itu, mentimun juga mengandung vitamin K dan flavonoid yang baik untuk kesehatan jantung.

3. Berries

Segenggam stroberi mengandung 95 persen air sehingga tubuh tidak kekurangan banyak cairan saat puasa. Stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry kaya akan vitamin C, antioksidan, dan antosianin, serta tinggi serat.

Buah beri bermanfaat untuk mata, kulit, dan kuku, serta membantu mengurangi peradangan dan penyakit kronis. Salah satu minuman terbaik untuk memulihkan energi setelah seharian berpuasa adalah air infus stroberi.

4. Tomat

Tomat adalah sumber hidrasi yang sangat baik, terutama bila dimakan mentah karena mengandung 95 persen air. Tomat juga tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C dan K, kalium, dan kalsium. Tomat dapat dimakan mentah dalam salad dan jus, serta dimasak sebagai pelengkap sayur.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut