get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Catat! 3 Amalan yang Dapat Dilakukan di Malam Nisfu Syaban

Selasa, 07 Maret 2023 | 20:19 WIB
header img
(Foto : ilustrasi)

JAKARTA, iNewskarawang.id - Bagi umat muslim, malam Nisfu Syaban merupakan malam yang paling dinantikan karena banyak mengandung keutamaan. Malam tersebut kerap disebut juga dengan Lailatul Baro'ah atau malam pengampunan dosa, malam berdoa, dan malam pembebasan.

Dan, Bulan Syaban 1444H sendiri diperkirakan dimulai pada 22 Februari 2023M, artinya malam Nisfu Syaban akan jatuh pada 7 Maret 2023, sejak bakda magrib. Dimalam itu, menurut kepercayaan orang islam. semua buku amal ibadah manusia ditutup dan diganti dengan lembaran baru. Oleh karena itu, umat Islam bisa melakukan amalan-amalan yang baik ketika malam Nisfu Syaban.

Sebagaimana disarikan dari kitab Madza fi Sya’ban karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki, berikut 3 alaman yang dapat dilakuakan di Malam Nisfu Syaban. Simak selengkapnya.

1. Memperbanyak baca Alquran

Salamah bin Kahil berkata:

‎كَانَ يُقَالُ شَهْرُ شَعْبَانَ شَهْرُ القُرَّاء

"Dahulu bulan Syaban disebut pula dengan bulan membaca Alquran."

‎وَكَانَ عَمْرٌو بْنِ قَيْسٍ إِذَا دَخَلَ شَهْرُ شَعْبَانَ أَغْلَقَ حَانَوَتَهُ وَتَفْرُغُ لِقِرَاءَةِ القُرْآنِ

"Amr bin Qois ketika memasuki bulan Syaban, beliau menutup tokonya dan lebih menyibukkan diri dengan Alquran."

Abu Bakr Al Balkhi berkata:

‎شَهْرُ رَجَبٍ شَهْرُ الزَّرْعِ ، وَشَهْرُ شَعْبَانَ شَهْرُ سَقْيِ الزَّرْعِ ، وَشَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرُ حِصَادِ الزَّرْعِ

"Bulan Rajab saatnya menanam. Bulan Syaban saatnya menyiram tanaman dan bulan Ramadhan saatnya menuai hasil." (Lihat Fatwa Al Islam Sual wa Jawab nomor 92748)

2. Memperbanyak istigfar

Tidak ada satu pun manusia yang bersih dari dosa dan salah. Itulah manusia dengan kesehariannya yang bergelimang dosa. Namun kendati manusia berdosa, Allah Subhanahu wa ta'ala senantiasa membuka pintu ampunan kepada siapa pun. Oleh karena itu, meminta ampunan dengan cara beristigfar sangat dianjurkan terlebih lagi di malam Nisfu Syaban.

Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan, "Istigfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Syaban dan malam pertengahannya. Istigfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Alquran dan hadis. Pada bulan Syaban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan." 

3. Memperbanyak salawat kepada Nabi

Bulan Syaban bisa diisi dengan memperbanyak salawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Setiap bersalawat sekali kepada Nabi Muhammad, salawat itu akan dibalas sepuluh kali.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:

‎مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut