get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Menyambut Nisfu Syaban : Ada 5 Amalan Sunnah yang Harus Anda Ketahui

Jum'at, 03 Maret 2023 | 21:34 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Pada tahun ini, malam Nisfu Syaban akan berlangsung pada Rabu, 8 Maret 2023 atau mulai Selasa, 7 Maret 2023 malam.

Akan tetapi ada 5 amalan sunnah menyambut Nisfu Syaban yang harus Anda ketahui. 

Laporan tersebut berdasarkan Pengumuman LF PBNU Nomor 012/LF–PBNU/II/2023 yang dikeluarkan pada Senin (20/2/2023). Nisfu Syaban sendiri merupakan malam istimewa bagi seluruh umat maslim di dunia.

Lantas, apa keistimewaan malam Nisfu Syaban dan apa 5 amalan sunnah menyambut Nisfu Syaban? Simak informasinya berikut ini.

Nisfu Syaban dipercaya sebagai malam di mana orang-orang yang berdoa memohon ampunan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala maka semua dosanya akan diampuni oleh-Nya.

"Apabila tiba malam Nisfu Sya’ban, maka malaikat berseru menyampaikan dari Allah: adakah orang yang memohon ampun maka aku ampuni, adakah orang yang meminta sesuatu maka aku berikan permintaannya” (HR al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman).

Tak hanya itu saja, pada Nisfu Syaban lah malaikat Raqib dan Atid yang bertugas mencatat amal baik dan buruk manusia akan menyerahkan catatannya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Maka dari itu, umat muslim dianjurkan untuk melakukan amalan kebaikan di malam tersebut.

5 amalan sunnah menyambut Nisfu Syaban dilansir dari berbagai sumber:

1. Membaca doa Nisfu Syaban

Pada malam Nisfu Syaban dianjurkan untuk memperbanyak membaca doa. Salah satu doa yang bisa dipanjatkan berdasarkan hadist riwayat Abu Bakar adalah sebagai berikut:

ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء، إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء

Artinya: "(Rahmat) Allah Subhanahu wa Ta'ala turun ke bumi pada malam nisfu Sya'ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan)," (HR Al-Baihaqi).

2. Membaca dua kalimat syahadat

Selanjutnya umat muslim dianjurkan untuk membaca dua kalimat syahadat sebanyak-banyaknya. Kalimat syahadat sendiri merupakan kalimat yang mulia dan sangat baik untuk dibaca kapan saja, apalagi di saat malam Nisfu Syaban.

Anjuran untuk banyak membaca syahadat tertuang dalam kitab Ithmi’namul Qulub Bidzikri ‘Allamil Ghuyub:

“Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La ilaha illallah Muhammadur Rasulullah, khususnya bulan Sya’ban dan malam pertengahannya.”

3.Perbanyak istighfar

Selain memperbanyak membaca kalimat syahadat, umat muslim juga dianjurkan untuk banyak-banyak mengucapkan istighfar untuk meminta ampunan kepada Allah Ta’ala. Anjuran tersebut dipaparkan oleh Sayyid Muhammad bin Alawi dalam kitab Ithmi’nanul Qulub.

4.Membaca Yasin 3x

Di malam Nisfu Syaban umat muslim juga dianjurkan untuk membaca Yasin sebanyak tiga kali. Yasin yang pertama diniatkan agar panjang umur dalam kondisi taat dan patuh pada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Yasin kedua diniatkan untuk menolak bala seumur hidup, sedangkan Yasin yang ketiga diniatkan untuk meminta kekayaan dan kecukupan selama hidup.

5. Melaksanakan Sholat Sunnah Malam

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, “Apabila tiba malam Nisfu Sya’ban, maka hidupkan malamnya dan berpuasalah di siang harinya” (HR Ibnu Majah dalam as-Sunan dan al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman).”

Menghidupkan malam Nisfu Syaban juga bisa dengan melaksanakan sholat sunnah malam, seperti sholat tahajud, sholat hajat, dan juga sholat witir.

Demikian informasi mengenai 5 amalan sunnah menyambut nisfu syaban. Wallahu a'lam bisshawab.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut