get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Yuk Kita Simak ! Doa Menyambut Ramadhan 2023 dan saat Melihat Hilal

Selasa, 07 Maret 2023 | 14:51 WIB
header img
Ilustrasi doa menyambut Ramadhan 2023 dan saat melihat hilal. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Ketika menyambut datangnya bulan Ramadhan yang diajarkan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam maupun para sahabat, sebagaimana diketahui bahwa para ulama tidak menjumpai adanya doa khusus.

Namun, para sahabat dan para ulama generasi setelahnya menyambut bulan Ramadhan dengan penuh kegembiraan dan sukacita. Mereka ungkapkan kegembiraan itu dengan kalimat-kalimat yang mengandung doa kebaikan serta harapan.

Da'i muda asal Yogyakarta Ustadz Ammi Nur Baits ST BA dilansir dari Konsultasisyariah.com menjelaskan bahwa Al Hafidz Ibnu Rajab menyebutkan satu riwayat yang menunjukkan semangat para sahabat Nabi dalam menyambut bulan Ramadhan.

Ibnu Rajab menyebutkan keterangan Mu'alla bin Al Fadhl (ulama tabi' tabiin) yang mengatakan: 

 يبلغهم رمضان يدعونه ستة أشهر أن يتقبل منهم

"Dulu para sahabat selama enam bulan sebelum datang Ramadhan, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan. Kemudian selama enam bulan sesudah Ramadhan, mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka selama bulan Ramadhan." (Lathaif Al Ma'arif, halaman 264)

Kemudian Al Hafidz Ibnu Rajab menyebutkan salah satu contoh doa yang mereka lantunkan. Diriwayatkan dari Yahya bin Abi Katsir (ulama tabi'in), beliau mengatakan bahwa di antara doa sebagian sahabat ketika datang bulan Ramadhan adalah:

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

"Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan." (Lathaif Al-Ma’arif, halaman 264

Selanjutnya ada satu doa yang dianjurkan dibaca ketika masuk bulan Ramadhan. Doa itu adalah amalan melihat hilal.

Akan tetapi sejatinya doa ini adalah doa umum, berlaku untuk semua awal bulan, ketika seseorang melihat hilal dan tidak khusus untuk bulan Ramadhan.

Adapun lafadz doa tersebut adalah:

اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

"Allahu akbar, ya Allah jadikanlah hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan Islam, dan membawa taufik yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah." (HR Ahmad nomor 888, Ad-Darimi dalam Sunannya nomor 1729, dan dinilai shahih oleh Syekh Syua'ib Al Arnauth dalam Ta'liq Musnad Ahmad, 3/171)

Doa ini hanya dibaca ketika seseorang melihat hilal di awal bulan. Maka itu, bagi mereka yang tidak melihat hilal, tidak disyariatkan membaca doa ini ketika masuk awal bulan. Sebagaimana keterangan Dr Sa'id Al Qahthani dalam kitab Syarh Hisnul Muslim, halaman 262.

Wallahu a'lam bisshawab. 

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut