get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Supaya Lebih Kuat Puasa Ramadhan, Begini Doa saat Merasa Lapar

Jum'at, 03 Maret 2023 | 21:32 WIB
header img
Ilustrasi doa saat merasa lapar supaya lebih kuat puasa Ramadhan. (Foto: Pexels)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Sebagaimana diketahui ketika bulan Ramadhan, semua Muslim wajib menunaikan ibadah puasa dengan menahan lapar serta dahaga mulai terbit fajar hingga terbenam matahari.

Namun saat puasa Ramadhan, ada kalanya seseorang mengalami lapar dan haus . Ini harus diatasi agar ibadah puasa wajib yang dijalani bisa tetap berlanjut

Berikut doa meminta perlindungan dari kelaparan, bisa diamalkan ketika mengalami kondisi tersebut saat puasa Ramadhan. Berikut ini lafadznya, seperti dikutip dari laman Rumaysho:

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – قَالَ : كَانَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – يَقُوْلُ : (( اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الجُوعِ ، فَإنَّهُ بِئْسَ الضَّجِيعُ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ الخِيَانَةِ ، فَإِنَّهَا بِئْسَتِ البِطَانَةُ )) . رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ بِإِسْنَادٍ صَحِيْحٍ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan, "Allohumma inni a’udzu bika minal juu’, fa-innahu bi’sadh-dhojii’, wa a’udzu bika minal khiyaanah, fa-innahaa bi’satil bithoonah (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelaparan, karena ia adalah sejelek-jeleknya teman tidur. Dan aku berlindung kepada-Mu dari pengkhianatan, karena ia sejelek-jeleknya teman yang menyertai)." (HR Abu Dawud dengan sanad sahih). 

Diketahui bahwa ketika menjalankan puasa Ramadhan jangan sampai hanya menahan lapar dan dahaga, tidak mendapat apa-apa. Ini salah satu larangan yang disabdakan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

رُبَّ صَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ صِيَامِهِ الجُوْعُ وَالعَطَشُ

"Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga."

(HR Ath-Thobroniy dalam kitab Al Kabir dan sanadnya tidak mengapa. Syekh Al Albani dalam Shahih At-Targib wa At-Tarhib nomor 1084 mengatakan hadits ini shohih ligoirihi yaitu shohih dilihat dari jalur lainnya)

Wallahu a'lam bisshawab. 

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut