get app
inews
Aa Read Next : Berikut 5 Pebulu Tangkis Muslim Indonesia yang Memutuskan Berhijrah

Selain Dapat Pahala, Ada 5 Manfaat Sholat Tarawih bagi Kesehatan Tubuh

Sabtu, 25 Februari 2023 | 16:43 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Perlu diketahui bagi kaum muslimin bahwa sholat tarawih memiliki banyak manfaat bagi mereka yang menjalankan.Terdapat5 manfaat sholat tarawih bagi kesehatan tubuh. 

Dalam segi spiritual, sholat tarawih tentu akan memberikan pahala yang berlimpah dan menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan. Selain itu, sholat tarawih juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

5 manfaat sholat tarawih bagi kesehatan tubuh, seperti dilansir laman Islamic Research Foundation International:

1. Membantu metabolisme tubuh

Gerakan selama sholat tarawih akan membantu untuk melancarkan proses metabolisme tubuh dan membuat peredaran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar. Dengan demikian darah yang kaya dengan oksigen dan nutrisi akan mengalir ke seluruh tubuh. Selain itu, darah juga akan membantu mengedarkan glukosa agar dapat segera diserap oleh tubuh dan diubah menjadi energi.

2. Meningkatkan kebugaran

Gerakan sholat tarawih sama dengan perpaduan antara latihan isometrik dan isotonik. Latihan isometrik merupakan latihan otot tanpa perlu menggerakan sendi-sendi yang ada di sekitarnya dan hanya menegangkan otot-otot tertentu. Sedangkan latihan isotonik melibatkan gerakan yang dinamis dengan melibatkan pemanjangan dan pemendekan otot. Semua manfaat dari latihan ini ada pada setiap gerakan sholat. Dengan demikian, tubuh akan menjadi lebih bugar.

3. Menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung menjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang. Namun hal ini dapat kita cegah dengan melakukan senam jantung. Saat melakukan sholat, secara tidak langsung kita juga melakukan senam jantung. Dengan melakukan sholat terus-menerus seperti sholat tarawih, risiko terjadinya penyakit jantung seperti jantung koroner akan jauh lebih rendah.

4.Mencegah osteoporosis

Osteoporosis atau pengapuran tulang banyak dijumpai oleh banyak lansia. Osteoporosis ini dapat membuat tulang menjadi lebih rapuh dan rentan untuk patah. Gerakan sholat yang dilakukan terus-menerus seperti saat sholat tarawih akan membantu menjaga dan meningkatkan kepadatan mineral yang ada pada tulang. Dengan demikian, secara tidak langsung sholat tarawih akan menurunkan risiko seseorang untuk terkena osteoporosis.

5.Meningkatkan kesehatan mental

Melaksanakan sholat dengan khusyuk akan membuat fokus beribadah pada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Hal ini akan membuat lebih tenang. Dengan demikian, kesehatan mental akan lebih terjaga.

Itulah 5 manfaat sholat tarawih bagi kesehatan tubuh. Wallahu a'lam bisshawab.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut