get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Sri Mulyani Imbau Masyarakat Tetap Bayar Pajak

Jum'at, 24 Februari 2023 | 19:50 WIB
header img
Sri Mulyani. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan, meminta agar masyarakat tetap mematuhi kewajiban membayar pajak dan melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Penghasilan.

Hal itu dia sampaikan usai harta kekayaan pejabat pajak, Rafael Alun Trisambodo (RAT) menjadi sorotan.

Sebelumnya, Sri Mulyani telah memberhentikan RAT dari posisinya sebagai Kepala Bagian Umum di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan II untuk mempercepat proses pemeriksaan.

"Saya mengimbau masyarakat yang mungkin kecewa dan mungkin memiliki kemarahan terkait tingkah laku dari putra seseorang jajaran Kemenkeu tidak mempengaruhi komitmen bersama untuk membangun Indonesia," kata Sri dalam konferensi pers daring di Kantor Dirjen Pajak, Jakarta, Jumat (24/2/2023)

Dia menyatakan bahwa Kementerian Keuangan akan terus menerima kritik dan masukan dari semua kalangan masyarakat.

"Saya berharap dan mengimbau agar masyarakat terus berpikir dan menjaga sikap untuk terus membangun secara konstruktif hal-hal yang menjadi pengkhianatan atau tindakan kejahatan yang melanggar integritas," katanya.

Sri menyatakan bahwa pada tahun 2023 akan dialokasikan Rp608,3 triliun dari pendapatan pajak untuk sektor pendidikan, sedangkan Rp169 triliun akan dialokasikan untuk sektor kesehatan dan Rp479 triliun akan dialokasikan untuk program-program bantuan sosial dan perlindungan sosial.

"Kita tetap berkomitmen untuk mengelola penerimaan negara dan membelanjakan sesuai Undang-Undang dengan integritas dan profesionalitas," ucapnya.

Dia juga mengingatkan bahwa pembayaran pajak adalah suatu kewajiban yang diatur oleh Undang-Undang, dan tetap harus dilakukan meskipun masyarakat meragukan sumber kekayaan dari para anggota Dewan Komisaris.

"Mengenai tingkat kepercayaan atas amanah dan tugas yang diemban Dirjen Pajak, saya harap masyarakat ikut dalam menjaga suatu institusi dan instrumen yang penting bagi negara," pungkasnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut