get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Yuk Kita Simak 12 Sayuran Penurun Kolesterol Tanpa Efek Samping

Sabtu, 18 Februari 2023 | 12:03 WIB
header img
Yuk Kita Simak 12 Sayuran Penurun Kolesterol Tanpa Efek Samping (Foto: ilustrasi)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Sayur merupakan makanan yang baik untuk dikonsumsi setiap hari. Dengan mengkonsumsi sayur, tubuh menjadi sehat. Tak hanya itu, beberapa jenis sayur ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Berikut  12 sayuran penurun kolesterol tanpa efek samping yang dapat ditemukan dengan mudah. Bahkan, Anda bisa menanamnya sendiri di sekitar rumah agar lebih mudah mengonsumsinya.

Inilah 12 sayuran penurun kolesterol yang sangat baik untuk dikonsumsi. Kira-kira adakah jenis sayur favoritmu dibawah ini?

Buncis

Buncis menjadi salah satu sayuran yang harus dikonsumsi secara rutin. Jenis sayuran ini rendah lemak, menetralkan kadar gula darah dan kolesterol.

Bayam

Bayam memiliki lutein tinggi bagus untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol tinggi. Jantung akan terlindungi dari penumpukan lemak jahat yang menghambat peredaran darah.

Seledri

Banyak orang tidak menyukai jenis sayuran satu ini. Padahal seledri memiliki banyak manfaat untuk menurunkan kolesterol. Seledri biasa dijadikan taburan pada bakso atau mie ayam.

Wortel

Wortel menjadi salah satu sayuran yang mudah ditemukan. Cobalah untuk memasukan wortel pada masakan seperti campuran sop atau bisa juga menjadikannya jus.

Rumput Laut

Mengkonsumsi rumput laut bisa membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Rumput laut dapat dikonsumsi setiap hari baik sebagai sup atau dikeringkan menjadi bubuk untuk taburan.

Bawang Putih

Bawang putih terkenal sebagai bumbu masakan yang membuat masakan lebih enak. Dengan mencampurkan bawang putih pada masakan bisa membantu menurunkan kolesterol jahat.

Kacang Kedelai

Tekanan darah dan kolesterol dapat diturunkan dengan mengkonsumsi kacang kedelai. Okezoners bisa mengkonsumsi segala macam olahan kedelai mulai dari susu kedelai, tahu dan tempe.

Terong

Terong menjadi salah satu jenis sayur kaya serat dan dapat melawan kolesterol jahat dalam tubuh. Bahkan penelitian yang dilakukan pada hewan, 10 ml jus terong dapat dapat mengurangi kolesterol jahat dan trigliserida.

Brokoli

Brokoli bisa menurunkan kolesterol jahat. Selain enak dijadikan sup, brokoli juga enak dijadikan jus.

Kacang Panjang

Kacang panjang sangat bagus untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh karena kaya akan serat. Pada 150 gram kacang panjang terdapat 2,6 gram serat padahal kacang panjang rendah kalori dan lemak.

Kacang Polong

Kacang-kacangan seperti kacang polong berguna untuk menetralkan kadar kolesterol tubuh. Penelitian dari Kanada yang melibatkan 1.000 responden berhasil membuktikan bahwa kacang polong mampu menurunkan kadar kolesterol sebanyak 5%.

Kentang

Kandungan serat larut berguna untuk menurunkan kolesterol tubuh. Serat larut terdapat dalam kentang. Bahkan dengan ukuran sedang saja, kentang memiliki sekitar 5 gram serat larut.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut