get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Apakah Boleh Mengaji Alquran di HP?

Selasa, 14 Februari 2023 | 16:41 WIB
header img
Ilustrasi hukum mengaji Alquran di HP. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Berikut ini penjelasan lengkapnya beserta dalil-dalil sahih yang menyertainya.

Dilansir laman Bimbingan Islam, Ustadz Muhammad Romelan Lc menjelaskan hukum, pahala, dan keutamaan membaca Alquran dari handphone (HP) sama dengan dari kitab atau mushaf Alquran langsung.

Itu merupakan salah satu kemudahan pada masa sekarang. Umat yang ingin membaca, mendengarkan, atau mempelajari Alquran dapat dengan mudah membukanya di ponsel pintar atau perangkat elektronik lainnya.

Di antara dalil yang menunjukkan keutamaan membaca Alquran adalah hadits:

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

"Barang siapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya 1 kebaikan, 1 kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم (alif laam miim) 1 huruf, akan tetapi Alif 1 huruf, Laam 1 huruf, dan Miim 1 huruf." (HR Tirmidzi dan dishahihkan dalam kitab Shahih Al Jami' nomor 6469) 

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam juga bersabda:

أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ إِذَا رَجَعَ إِلَى أَهْلِهِ أَنْ يَجِدَ فِيهِ ثَلاَثَ خَلِفَاتٍ عِظَامٍ سِمَانٍ قُلْنَا نَعَمْ. قَالَ فَثَلاَثُ آيَاتٍ يَقْرَأُ بِهِنَّ أَحَدُكُمْ فِى صَلاَتِهِ خَيْرٌ لَهُ مِنْ ثَلاَثِ خَلِفَاتٍ عِظَامٍ سِمَانٍ

"Maukah seorang dari kalian jika kembali ke rumahnya mendapati di dalamnya 3 unta yang hamil, gemuk, serta besar?" Kami (para shahabat) menjawab, "Iya." Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, "Salah seorang dari kalian membaca 3 ayat di dalam sholat lebih baik baginya daripada mendapatkan 3 unta yang hamil, gemuk, dan besar." (HR Muslim)

Wallahu a'lam bisshawab. 

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut