get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

15 Cara Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami, Tak Perlu Langsung ke Dokter!

Kamis, 09 Februari 2023 | 22:07 WIB
header img
15 cara mengatasi sakit gigi secara alami (Foto : Boldsky)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - 15 cara mengatasi sikat gigi pada artikel ini mungkin dapat membantu Anda sebelum ke dokter. Anda bisa mencoba bahan-bahan alami dan cara sederhana untuk mengatasi sakit gigi yang membuat tidak nyaman.

Sakit gigi memang membuat seseorang bisa tidak nyaman dalam menjalankan aktivitas. Jika Anda sedang mengalaminya, ada cara sederhana yang bisa dilakukan sebelum meminta pertolongan dokter.

Berikut 15 cara mengatasi sakit gigi secara alami yang dikutip dari situs Timesofindia dan Boldsky, Selasa (24/8/2021).

1. Air garam

Berkumur dengan air garam adalah pengobatan lini pertama untuk sakit gigi. Air asin adalah disinfektan alami. Ini dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi Anda.

Membilas dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut. Campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

2. Cengkeh

Cengkeh telah digunakan untuk mengobati sakit gigi sejak lama. Minyak cengkeh dapat secara efektif mematikan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Minyaknya mengandung eugenol, yang merupakan antiseptik alami.

Anda bisa memasukkan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam kapas dan mengoleskannya ke area yang terkena. Pastikan untuk mengencerkan minyak cengkeh dengan sedikit minyak zaitun. Anda juga bisa memasukkan satu atau dua tetes minyak cengkeh ke dalam air dan menggunakannya sebagai obat kumur.

3. Jahe

Tak hanya cengkeh, jahe juga salah satu rempah yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi secara alami. Kandungan antibiotik pada jahe membantu membunuh kuman penyebab nyeri akibat gigi berlubang. Anda bisa menumpuk satu siung jahe, lalu tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Tunggu beberapa menit hingga rasa sakit menghilang.

4. Bawang putih

Bawang putih telah digunakan sebagai pengobatan rumahan selama ribuan tahun untuk berbagai masalah. Bawang putih dapat membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan timbulnya plak gigi dan sekaligus bertindak sebagai pereda nyeri.

Hancurkan satu siung bawang putih dan buat pasta. Terapkan ke area yang terkena. Anda juga bisa menambahkan garam ke dalam pasta bawang putih atau mengunyah bawang putih.

5. Bawang Merah

Tak hanya bawang putih, bawang merah juga ampuh untuk mengobati sakit gigi secara alami. Hal ini karena bawang merah mengandung antimikroba dan antiseptik alami yang membantu mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang.

6. Peppermint

Peppermint membantu menghilangkan rasa sakit dan menenangkan gusi sensitif. Ambil kantong teh peppermint bekas dan biarkan dingin. Oleskan kantong teh ini ke area yang terkena. Anda bisa menggunakan kantong teh saat masih hangat.

Anda juga dapat menggunakan pendekatan yang berlawanan dan membekukan kantong teh selama beberapa menit dan kemudian mengoleskannya ke gigi yang sakit.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut