Logo Network
Network

Breaking News: 2 WNI Meninggal Dunia Tertimbun Reruntuhan saat Gempa Turki

Widya Michella/Erwin
.
Rabu, 08 Februari 2023 | 19:55 WIB
Breaking News: 2 WNI Meninggal Dunia Tertimbun Reruntuhan saat Gempa Turki
Foto: Reuters

JAKARTA,iNewsKarawang.id -  Gempa dahsyat Turki berkekuatan M 7,8  menyebabkan dua orang WNI yakni Nia Marlinda asal Bali dan seorang anak berusia satu tahun meninggal dunia.

Duta Besar RI Untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, korban ditemukan tertimpa reruntuhan bangunan.

"1 WNI atas nama Nia Marlinda asal Bali dan seorang anak berusia 1 tahun serta suami WNI Turki di Kahraman Maras ditemukan meninggal dunia karena tertimbun reruntuhan,"kata Iqbal dalam keterangannya, Rabu(8/2/2023).

"Yang meninggal di kahramanmaras adalah 1 ibu WNI dan 1 orang anak usia satu tahun. Karena aturannya anak di bawah 18 tahun otomatis boleh pegang paspor indonesia, jadi hitungannya 2 WNI yang meninggal dunia,"ujarnya.

Saat ini kata dia, tim evakuasi dari KBRI Ankara telah melakukan pemulasaraan pada jenazah. Selain itu, KBRI juga telah berkomunikasi dengan pihak keluarga korban.

"Kolonel Amir, Atase Pertahanan RI KBRI Ankara di Turki, yang memimpin Tim Evakuasi ke Kahramanmaras telah memastikan pemulasaraan almarhumah dan KBRI telah mengkomunikasikan hal tersebut kepada keluarga almarhumah,"kata dia.

Lebih lanjut, kedua jenazah akan dimakamkan di Kota Kahramanmaras, Turki pada hari ini. "Almarhumah dan keluarga akan dimakamkan hari ini di Kahramanmaras,"ujar dia.

Sementara, Tim KBRI Ankara yang terdiri dari Tim Konsuler Perlindungan WNI, Tim Atase Pertahanan dan Perbinlu (pejabat BIN) telah melakukan evakuasi 123 orang dari 4 titik paling terdampak gempa.

"Jumlah yang dievakuasi sebanyak 123 orang dari target semula 104 orang. Termasuk di dalamnya 2 WN Malaysia dan 1 WN Myanmar," tutup Iqbal.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini