Logo Network
Network

Indonesia Kirim Personel SAR ke Turki, Bawa Misi Kemanusiaan

Carlos Roy Fajarta/ Shandy Thabrany
.
Sabtu, 11 Februari 2023 | 07:26 WIB
Indonesia Kirim Personel SAR ke Turki, Bawa Misi Kemanusiaan
Gempa Turki (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Pemerintah akan mengirimkan personel SAR untuk melakukan misi bantuan pascagempa bumi di Turki pada hari ini, Sabtu (11/2/2023).

"Pemerintah Indonesia akan melepas bantuan kemanusiaan berupa dukungan personel Urban Search and Rescue (USAR) menuju Turki," Menurut Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, pada Jumat (10/2/2023).

Menurut Muhari, tim bantuan yang dikirim ke Turki akan dilengkapi dengan binatang pelatihan yang akan membantu dalam proses pencarian korban gempa bumi yang masih terdalam bangunan yang runtuh. "Tim ini akan dibantu oleh satuan anjing terlatih, baik SAR Dog maupun K-9," ujarnya.

Pelepasan tim USAR akan dipimpin Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. "Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di instalasi militer Lanud Halim Perdanakusuma besok pagi (hari ini, red)," ujarnya.

Gempa bumi melanda Turki dan Suriah dengan kekuatan Magnitudo 7,8 pada Senin 6 Februari 2023. Puluhan ribu orang meninggal dunia baik di Turki dan Suriah.

Artikel ini telah diterbitkan juga di (https://nasional.okezone.com/read/2023/02/11/337/2763005/hari-ini-pemerintah-lepas-personel-sar-bantu-korban-gempa-di-turki)

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.