get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Mengenal Asal-usul Kodifikasi Alquran pada Masa Rasulullah SAW

Rabu, 01 Februari 2023 | 10:55 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Jakarta. iNewsKarawang.id - MENGENAL asal-usul kodifikasi Alquran pada masa Rasulullah SAW akan dibahas dalam artikel ini. Sebagai kitab suci yang Allah Subhanahu wa Ta'ala turunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, proses turunnya Alquran terjadi secara bertahap selama 22 tahun, 2 bulan, dan 22 hari.

Ayat pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam adalah Surat Al Alaq Ayat 1–5. Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala ini mulanya tidak langsung dibukukan menjadi kitab seperti Alquran yang dimiliki umat Islam sekarang.

Terdapat tahap penyusunan dan penulisan atau kodifikasi yang dilakukan pada zaman Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dan masa para khalifah. Setiap upaya kodifikasi memiliki keistimewaan dan kekhasan masing-masing.

Berikut ini sejarah kodifikasi Alquran di masa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam yang tidak banyak diketahui umat manusia.

Mengenal asal-usul kodifikasi Alquran pada masa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dilakukan dengan menempuh dua jalan. Pertama, kodifikasi Alquran dalam batin dengan jalan hafalan dan ingatan; kedua, kodifikasi dalam catatan dengan jalan penulisan serta goresan.

Kodifikasi Alquran dibahas secara detail dalam kajian ulumul Qur'an untuk menunjukkan besarnya perhatian kepada Alquran, pencatatan, dan kodifikasinya.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam yang mendapatkan wahyu dari Malaikat Jibril dan membacakannya dengan tenang kepada para sahabatnya agar mereka menghafalnya sebagaimana keterangan Surat Al Jumuah Ayat 2.

Dalam kultur masyarakat ummi, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam diketahui mengandalkan daya hafal dan ingat karena tidak bisa membaca dan menulis. Bangsa Arab saat itu menikmati betul kekhasan bangsanya, yakni mempunyai daya ingat yang baik serta kecepatan hafalan atas sesuatu.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut