get app
inews
Aa
Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Terungkap Ini Penyebabnya Orang Miskin Lebih Dulu Masuk Surga !

Senin, 30 Januari 2023 | 12:36 WIB
header img
Ilustrasi orang miskin akan lebih dulu masuk surga kelak. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menyebut bukan hanya orang beriman saja, orang miskin  bakal lebih dulu masuk surga. Meskipun hanya memiliki waktu jeda setengah hari lebih cepat, perlu diingat bahwa hitungan waktu di dunia dan akhirat sangat jauh berbeda.

عن أبي هريرة قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم يَدْخُلُ فُقَرَاءُ الْمُؤْمِنِينَ الْجَنَّةَ قَبْلَ الأَغْنِيَاءِ بِنِصْفِ يَوْمٍ خَمْسِمِائَةِ عَامٍ

"Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, 'Orang-orang beriman yang fakir kelak akan masuk surga terlebih dahulu setengah hari yang setara 500 tahun lamanya daripada orang kaya'." (HR Ibnu Majah)

Namun, sebenarnya tidak sembarangan orang miskin bisa masuk surga lebih dulu. Ada kriteria tertentu yang menyebabkan keistimewaan itu terjadi.

Penyebab Orang Miskin Lebih Dulu Masuk Surga

Ada sebab yang membuat orang miskin bisa lebih cepat masuk surga sesuai sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Dikutip dari nu.or.id, ini hanya berlaku untuk mereka yang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup. 

Di samping itu, meskipun dilanda kekurangan, fakir miskin juga menjauhi perbuatan dosa besar serta maksiat lahir batin.

هم المحتاجون الذين ليس لهم كفايتهم وليسوا مرتكبين كبيرة من المعاصي هذا ما ظهر لنا

"Mereka yang berhajat pada sesuatu namun tidak dapat memenuhi keperluannya dan mereka tidak mengerjakan salah satu dosa besar dari sekian banyak maksiat. Ini (sifat orang miskin yang dimaksud) yang jelas pada kami."

Begitulah penjelasan dari Imam An-Nawawi tentang kriteria orang miskin yang masuk surga lebih dulu. Intinya, ada penyebab tertentu agar hal itu dapat terjadi dan bukan sembarang orang miskin.

Wallahu a'lam bisshawab. 

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut