get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Apakah Boleh Membaca Alquran Sambil Tiduran?

Jum'at, 27 Januari 2023 | 21:46 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: ist)

Ternyata membaca Alquran dalam keadaan berbaring atau tiduran bukanlah suatu hal yang dilarang. Allah Subhanahu wa Ta'ala menjelaskan bahwa di antara sifat orang-orang beriman adalah senantiasa berdzikir kepada-Nya dalam keadaan apa pun. 

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam Surat Ali Imran Ayat 191:

الَّذِيْنَ يَذْكُرُوْنَ اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُوْنَ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هٰذَا بَاطِلًاۚ سُبْحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: "Orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), 'Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Maha Suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka." (QS Ali Imran: 191)

Allah Subhanahu wa Ta'ala juga memerintahkan umat manusia untuk berdzikir dalam semua keadaan.

فَاذْكُرُواْ اللّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِكُمْ

Artinya: "Apabila kamu telah menyelesaikan sholat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk, dan di waktu berbaring." (QS An-Nisa': 103) 

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam juga pernah membaca Alquran sambil berbaring. Aisyah radhiyallahu anha bercerita:

أَنَّ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يَتَّكِئُ فِى حَجْرِى وَأَنَا حَائِضٌ ، ثُمَّ يَقْرَأُ الْقُرْآنَ

Artinya: "Bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berbaring di pangkuanku ketika aku sedang haid, lalu beliau membaca Alquran." (HR Bukhari nomor 297 dan Muslim: 719) 

Allah Subhanahu wa Ta'ala sangat mencintai orang-orang yang terus mengingat-Nya dalam segala kesempatan. Sehingga, tidak ada salahnya jika kaum Muslimin membaca Alquran sambil duduk, berdiri, maupun berbaring.

Meski begitu jika tidak dalam keadaan memaksa, sebaiknya membaca Alquran dengan posisi duduk yang merupakan hal yang sopan dan salah satu adab dalam membaca Kitabullah.

Wallahu a'lam bisshawab. 

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut