Logo Network
Network

Elektabilitas Perindo Mampu Tembus di Angka 4,8%, Diprediksi Lolos ke Parlemen 2024

Felldy Utama/Erwin
.
Minggu, 22 Januari 2023 | 19:12 WIB
Elektabilitas Perindo Mampu Tembus di Angka 4,8%, Diprediksi Lolos ke Parlemen 2024
Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo/ Foto: Perindo

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Dalam rilis terbaru dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada bulan Januari 2023, elektabilitas Perindo mampu tembus di angka 4,8%.

Elektabilitas atau tingkat keterpilihan Partai Perindo terus menunjukkan tren kenaikan jelang kontestasi Pemilu 2024 mendatang. 

“Perindo hampir 5 (persen)," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan dalam paparan hasil surveinya secara daring, Minggu (22/1/2023).

Dalam data yang dipaparkan, Partai Perindo masuk ke dalam tujuh besar parpol yang diprediksi lolos ke parlemen pada tahun 2024. Partai besutan Hary Tanoesoedibjo (HT) itu memperoleh elektabilitas sebesar 4,8%.

Bahkan, elektabilitas Perindo juga mampu tiga parpol yang kini berada di dalam parlemen. Ketiganya adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di peringkat kedelapan dengan elektabilitas sebesar 4,7%, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebesar 2,2%, dan Partai Amanat Nasional (PAN) sebesar 0,6%.

Di sisi lain, kata dia, PDI-Perjuangan dalam surveinya kali ini masih menduduki peringkat pertama dengan perolehan elektabilitas sebesar 21,9%. Disusul, Gerindra sebesar 12,1% dan di peringkat ketiga yakni Demokrat dengan elektabilitas sebesar 7,1%.

Sementara, Partai Golkar berada di peringkat keempat dengan elektabilitas sebesar 6,7%, Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang sama-sama memperoleh elektabilitas sebesar 5,0%.

"Sekitar 26,7% belum menunjukkan pilihannya," ujarnya.

Untuk diketahui, survei LSI ini dilakukan pada tanggal 7-11 Januari 2023. Wawancara dilakukan melalui sambungan telepon oleh pewawancara.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). Dengan teknik ini, sampel sebanyak 1.221 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Adapun, Margin of error dalam survei ini diperkirakan sebesar ±2,9% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini