get app
inews
Aa Read Next : Dengan Cara Unik Seorang Ayah Potong Rambut Anaknya Pakai Sendok, Kok Bisa?

Ini Imbauan KPAI, Terkait Kasus Guru Dicukur Orangtua Siswa

Sabtu, 21 Januari 2023 | 19:19 WIB
header img
Guru dicukur orangtua siswa (Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Guru SDN 13 Paguyaman, Gorontalo bernama Ulan Hadji (27) yang dicukur rambutnya secara paksa oleh orangtua siswa yang tidak terima rambut anaknya di potong karena melanggar tata tertib sekolah mendapat perhatian serius dari Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI).

"UU RI Nomor 14 Tahun 2015 tentang guru dan dosen (UU GD), disebutkan bahwa Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah,"papar Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Heru Purnomo pada Sabtu (21/1/2023).

Heru melanjutkan, guru juga tidak hanya berwenang memberikan penghargaan terhadap siswanya, tetapi juga memberikan punishment atau sanksi kepada anak didiknya.

Dijelaskannya, guru berdasarkan Pasal 39 ayat (1) UU Guru dan Dosen tersebut juga dijamin memiliki kebebasan memberikan sanksi kepada peserta didiknya yang melanggar norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, peraturan tertulis maupun tidak tertulis yang ditetapkan guru, peraturan tingkat satuan pendidikan, dan peraturan perundang-undangan dalam proses pembelajaran yang berada di bawah kewenangannya.

“Atas peristiwa yang dialami oleh guru Ulan Hadji dari Gorontalo, FSGI mengecam tindakan main hakim sendiri yang dilakukan oleh orangtua siswa. Padahal, jika keberatan maka orangtua siswa bisa melapor ke Kepala Sekolah agar dapat difasilitasi dialog dengan guru Ulan," tambah Heru Purnomo.

Sementara itu mantan Komisioner KPAI yang juga pemerhati anak, Retno Listyarti menyebutkan meskipun memiliki kewenangan yang diatur UU namun tidak dibenarkan guru untuk melakukan tindak kekerasan dalam mendisiplinkan atau mendidik siswa di sekolah.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut