Logo Network
Network

4 Deretan Manfaat Daun Pandan bagi Kesehatan Tubuh, Yuk Simak

Wilda Fajriah
.
Rabu, 18 Januari 2023 | 11:09 WIB
4 Deretan Manfaat Daun Pandan bagi Kesehatan Tubuh, Yuk Simak
Ilustrasi daun pandan. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai manfaat daun pandan bagi kesehatan tubuh. Daun pandan adalah tumbuh-tumbuhan yang biasanya digunakan sebagai bumbu ataupun ramuan. Tanaman ini populer di Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Selain memiliki aroma yang harum, daun pandan juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Beberapa penelitian terdahulu mengungkapkan bahwa daun pandan memiliki sejumlah mineral, vitamin, dan antioksidan yang dipercaya mendukung kesehatan. Daun pandan kaya akan vitamin A yang membantu menjaga kesehatan mata serta mencegah kanker.

Meski diperlukan lebih banyak penelitian, banyak manfaat kesehatan dari daun pandan yang telah ditemukan. Berikut manfaat lainnya, seperti dilansir Webmd, Rabu (18/1/2023).

1. Pencegahan penyakit jantung

Studi mendukung klaim bahwa daun pandan baik untuk jantung. Memang daun pandan ternyata merupakan sumber karotenoid yang sangat baik dan mengandung antioksidan. Ini diketahui mengurangi risiko pengembangan aterosklerosis, penyempitan arteri jantung, karena penumpukan plak.

2. Pereda nyeri sendi

Obat tradisional banyak menggunakan daun pandan karena bisa meredakan nyeri, terutama artritis atau nyeri sendi. Peneliti telah menemukan bahwa minyak yang terbuat dari ekstrak daun pandan kaya akan fitokimia yang dikenal dapat meredakan gejala radang sendi. Sebagai manfaat tambahan, daun pandan juga dapat membantu meringankan sakit kepala dan sakit telinga.

3. Mengontrol gula darah

Mengonsumsi daun pandan dapat membantu seseorang lebih mengontrol gula darah setelah makan. Diperlukan lebih banyak penelitian, tetapi beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa orang yang minum teh daun pandan usai makan memiliki gula darah lebih rendah daripada orang yang tidak mengonsumsinya.

4. Obat luka bakar

Di Asia Tenggara, daun pandan yang dikeringkan dan dihancurkan sering digunakan sebagai pengobatan topikal untuk luka bakar ringan, sengatan matahari, serta masalah kulit lainnya. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa asam tannic dalam daun pandan memberikan tindakan pendinginan yang cepat untuk luka bakar ringan.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.