Logo Network
Network

Berikut 6 Tips agar Terhindar dari Masuk Angin saat Cuaca Ekstrem

Dyah Ratna Meta Novia , Okezone
.
Jum'at, 13 Januari 2023 | 17:11 WIB
Berikut 6 Tips agar Terhindar dari Masuk Angin saat Cuaca Ekstrem
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Saat ini kita sedang mengalami cuaca ekstrem. Saat memasuki cuaca seperti ini biasanya kebanyakan orang akan terserang masuk angin. Terlebih lagi saat kita beraktivitas di luar dan merasa kelelahan.

Tahukah Anda tentang masuk angin? Masuk angin adalah sebuah kondisi tubuh seseorang yang merasakan ketidakenakan ditubuhnya. Gejalanya seperti mual, hidung tersumbat, pusing dan hal lainnya. Di dunia kesehatan, masuk angin ini diberi nama flu atau common cold.

Lantas bagaimana tips mengatasi masuk angin dirangkum dari Web MD, yang sudah ditinjau secara medis oleh Brunilda Nazario, MD.

1. Beristirahat

Jangan paksakan untuk langsung kembali beraktivitas, istirahat yang cukup saat mulai merasa masuk angin. Hal ini membantu tubuh agar bisa mengarahkan energinya untuk meningkatkan kekebalan. Beristirahatlah dengan berbaring di bawah selimut yang hangat dan nyaman.

2. Minum air hangat atau teh hangat

Konsumsi air hangat punya manfaat untuk membantu melegakan hidung tersumbat, mencegah dehidrasi. Minumlah teh seperti camomile, yang bisa membantu menenangkan selaput meradang yang tidak nyaman yang melapisi hidung dan tenggorokan. Tambahkan madu sebagai pemanis alami yang sekaligus berfungsi menenangkan saluran udara dan hadir sebagai antivirus dan antibakteri.

3. Berkumur

Berkumur bisa melembabkan tenggorokan yang sakit dan memberikan kelegaan sementara. Coba berkumur dengan satu sendok teh garam yang dilarutkan dalam air hangat, selama empat kali sehari. Bisa juga dengan mencampurkan satu sendok makan air perasan lemon dalam dua cangkir air panas dengan satu sendok teh madu.

Biarkan campuran mendingin sebelum berkumur. Namun ingat, madu tidak boleh diberikan kepada anak di bawah usia 1 tahun ya!

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.