get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

13 Tips Menurunkan Darah Tinggi, Salah Satunya Berhenti Merokok

Kamis, 12 Januari 2023 | 19:34 WIB
header img
13 Tips Menurunkan Darah Tinggi. (Foto: Okezone)

6. Menurunkan berat badan berlebih

Orang dengan berat badan berlebihan atau obesitas berisiko mengalami tekanan darah tinggi. Faktanya, tekanan darah meningkat seiring peningkatan berat badan. BMI 25 hingga 29,9 termasuk katagori kelebihan berat badan dan BMI lebih dari 30 dianggap obesitas. Cobalah menurunkan 5 kg berat badan untuk membantu menurunkan tekanan darah.

7. Kurangi asupan garam

Konsumsi garam dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular. Kurangi garam dalam makanan saat memasak, serta hindari makan di restoran terlalu sering dan konsumsi lebih sedikit makanan olahan. Dengan cara ini, bisa mengobati atau mencegah tekanan darah tinggi.

8. Kurangi minum alkohol

Minum alkohol lebih dari jumlah sedang dapat meningkatkan tekanan darah dan juga mengurangi efektivitas obat tekanan darah tertentu. The American Heart Association menyarankan minum tidak lebih dari dua minuman per hari untuk pria, sedangkan pada wanita tidak lebih dari satu minuman per hari.

9. Kurangi stres

Terlalu stres akan meningkatkan tekanan darah. Jadi, identifikasi apa pemicu stres, seperti pekerjaan, keluarga, keuangan, atau penyakit. Setelah mengetahui apa penyebab stres, Anda dapat mencoba melakukan berbagai teknik relaksasi untuk meredakan stres.

10. Makan cokelat hitam

Sebuah studi yang dilakukan di Yordania menemukan mengonsumsi cokelat hitam dapat menurunkan tingkat tekanan darah secara signifikan terlepas dari usia atau riwayat keluarga individu.

11. Pantau tekanan darah

Konsultasikan dengan dokter secara teratur untuk menjaga tingkat tekanan darah agar terkendali. Lalu tanyakan kepada dokter seberapa sering perlu memantau tingkat tekanan darah di rumah. Dengan cara ini, tekanan darah bisa dikendalikan.

12. Batasi asupan kafein

Kurangi asupan kafein, karena minum lebih dari empat cangkir kopi per hari dapat meningkatkan tekanan darah. Bicaralah dengan dokter tentang efek kafein pada tingkat tekanan darah Anda.

13. Konsumsi Salmon

Ikan berlemak seperti salmon dan makarel merupakan makanan kaya akan asam lemak omega-3 tinggi serta dipercaya mampu mengurangi peradangan menetralkan tekanan darah. Tidak hanya itu, ikan laut tersebut merupakan sumber vitamin D yang bagus, membantu tubuh menyerap kalsium, melindungi dari depresi, dan mengatur tekanan darah.

Nah itulah ulasan mengenai tips menurunkan darah tinggi, semoga bermanfaat ya bestie!

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul 13 Cara Menurunkan Darah Tinggi, Jangan Sepelekan Hipertensi!

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut