get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

13 Tips Menurunkan Darah Tinggi, Salah Satunya Berhenti Merokok

Kamis, 12 Januari 2023 | 19:34 WIB
header img
13 Tips Menurunkan Darah Tinggi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai tips menurunkan darah tinggi. Hipertensi atau sering disebut darah tinggi seringkali menjadi faktor risiko dari berbagai masalah kesehatan, maka dari itu penderita hipertensi sebaiknya menghindari hal-hal yang memicu darah tinggi.

Para penderita hipertensi sudah seharusnya menjaga tekanan darah tetap terkontrol serta sehat sedari muda. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat agar mengontrol serta menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Berikut cara menurunkan darah tinggi yang dikutip dari Timesofindia, Kamis (12/1/2023).

1. Perbanyak aktivitas dan berolahraga

Dalam sebuah studi tahun 2013, orang dewasa yang lebih tua yang berpartisipasi dalam pelatihan aerobik dapat menurunkan tekanan darah mereka rata-rata 3,9 hingga 4,5 persen.

Hasil ini sama baiknya dengen beberapa obat tekanan darah. Selain itu dengan rutin berolahraga dapat meningkatkan detak jantung dan pernafasan. Seiring waktu jantung Anda menjadi lebih baik dan lebih kuat dalam memompa darah. Hal tersebut mengurangi tekanan pada arteri dan darah Anda.

2. Kurangi Konsumsi gula dan Karbohidrat Olahan

Banyak penelitian menunjukkan bahwa membatasi gula dan karbohidrat olahan dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan menurunkan tekanan darah. Gula, terutama fruktosa, dapat meningkatkan tekanan darah Anda lebih dari garam, menurut satu ulasan tahun 2014.

Dalam uji coba yang berlangsung setidaknya 8 minggu, gula meningkatkan tekanan darah sebesar 5,6 mm Hg diastolik dan 6,9 mm Hg sistolik. Oleh karena itu perlu diet rendah karbohidrat dan rendah gula agar lebih sehat.

3. Berhenti Merokok

Berhenti merokok baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Pasalnya, Merokok menyebabkan peningkatan tekanan darah dan peningkatan detak jantung Anda secara langsung tetapi sementara.

Dalam jangka panjang, bahan kimia dalam tembakau dapat meningkatkan tekanan darah Anda dengan merusak dinding pembuluh darah Anda sehingga menyebabkan peradangan, dan mempersempit arteri. Arteri yang mengeras menyebabkan tekanan darah tinggi.

4. Tidur Nyenyak

Tekanan darah Anda biasanya turun saat Anda tidur. Jika Anda tidak tidur nyenyak, itu dapat memengaruhi tekanan darah Anda. Orang yang mengalami kurang tidur , terutama yang berusia paruh baya, memiliki peningkatan risiko tekanan darah tinggi.

Studi Kesehatan Jantung Tidur Nasional 2010 menemukan bahwa tidur secara teratur kurang dari 7 jam semalam dan lebih dari 9 jam semalam dikaitkan dengan peningkatan tingkat tekanan darah tinggi. Teratur tidur kurang dari 5 jam semalam dikaitkan dengan risiko yang signifikan dari tekanan darah tinggi jangka panjang.

5. Makan bawang putih atau minum suplemen ekstrak bawang putih

Bawang putih segar atau ekstrak bawang putih keduanya banyak digunakan untuk menurunkan tekanan darah.

Menurut sebuah studi klinis 2009, ekstrak bawang putih mungkin memiliki efek lebih besar untuk menurunkan tekanan darah dibandingkan dengan tablet bubuk bawang putih biasa.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut