get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

5 Deretan Makanan yang Bermanfaat bagi Kesehatan Mulut dan Gigi, Salah Satunya Sayuran Hijau

Jum'at, 30 Desember 2022 | 16:52 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai makanan yang bermanfaat bagi kesehatan mulut dan gigi. Kita semua tentunya menginginkan gigi dan mulut yang sehat, namun kerapkali kita tidak memerhatikan makanan yang kita konsumsi yang akhirnya berdampak pada kesehatan mulut dan gigi. Menjaga kesehatan mulut dan gigi tak hanya rajin sikat gigi saja, namun perlu flossing hingga cek ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Tahukah Anda kalau makanan yang rendah karbohidrat dan gula, tinggi serat, dan mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan mulut, seperti kalsium, fosfor, dan magnesium. Dikombinasikan dengan menghindari makanan tinggi gula, makanan olahan, asam, dan tinggi karbohidrat tanpa nilai gizi baik.

Berikut ini adalah lima makanan yang secara aktif dapat meningkatkan kesehatan mulut dan gigi, yang dilansir dari Healthline, Jumat (30/12/2022).

1. Biji Kakao: Dengan catatan tanpa kandungan gula tambahan, cokelat dapat membantu mencegah gigi berlubang dengan menjaga bakteri mulut tertentu dan menghentikan pembentukan plak pada gigi loh! Merujuk pada suatu studi pada tahun 2009, memperlihatkan kandungan polifenol dalam kakao dan polifenol tertentu dalam kopi dan teh, bisa membunuh bakteri penyebab gigi berlubang dan menciptakan penghalang antara gigi dan plak. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa obat kumur dari biji kakao yang dihancurkan sama baiknya dengan obat kumur pada umumnya.

2. Susu grass-fed: Produk susu grass-fed contohnya keju dan mentega, kaya akan vitamin K2, nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan gigi. Makanan tinggi K2 lainnya yang mendukung kesehatan gigi antara lain natto, daging sapi, pate hati angsa, telur, dan hati ayam yang mana tinggi kandungan fosfor, nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh gigi.

3. Ikan berlemak: Ikan berlemak contohnya tuna, mackerel, salmon, dan trout, disebut sebagai komponen penting dari banyak pola diet sehat, karena sangat tinggi vitamin D dan Omega-3 tertinggi.. Nutrisi ini diperlukan untuk hampir setiap sistem tubuh, salah satu manfaatnya yang tak banyak orang ketahui adalah kemampuannya untuk mengurangi resiko gigi membusuk. Vitamin D bekerja secara sinergis bersama vitamin A dan K2 untuk memberikan kalsium ke gigi dan memperkuat enamel dari dalam ke luar. Kekurangan salah satu nutrisi ini dapat menyebabkan enamel gigi melemah.

4. Sayuran hijau: Merupakan probiotik bermanfaat di dalam mulut yang dimakan oleh bakteri mulut yang sehat. Berbeda dengan makanan berkarbohidrat tinggi, sayuran berdaun hijau membantu mulut memproduksi lebih banyak bakteri pereduksi nitrit. Sayuran hijau tidak hanya membuat gigi jadi terasa lebih bersih, tetapi juga secara aktif mendukung mikrobioma mulut yang lebih sehat.

Sayuran hijau dengan warna yang lebih gelap, disebut terbaik untuk gigi, karena tinggi akan mineral yang diserap gigi selama remineralisasi untuk memperkuat strukturnya. Contoh yang baik dari sayuran hijau ini termasuk kangkung, bayam, lobak, arugula, dan lainnya.

5. Anggur dan jeruk: Salah satu jenis makanan asam ini sebetulnya bermanfaat bagi kesehatan mulut jika dimakan dalam jumlah yang aman, alias sedang-sedang saja. Anggur dan jeruk mengandung vitamin C tingkat tinggi, yang memperkuat pembuluh darah dan jaringan ikat di dalam mulut yang pladaa akhirnya membantu untuk memperlambat perkembangan peradangan gusi yang dapat menyebabkan penyakit gusi.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut