get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Jika Lolos Semifinal Piala AFF 2022, Ini 3 Calon Lawan Timnas Indonesia

Jum'at, 30 Desember 2022 | 11:12 WIB
header img
3 calon lawan Timnas Indonesia jika lolos semifinal Piala AFF 2022. (Foto: PSSI)

Jika berhasil lolos ke semifinal, Timnas Indonesia berpeluang bersua 3 tim dari Grup B yang masih punya kans melaju ke babak berikutnya. Siapa saja mereka? Berikut 3 calon lawan Timnas Indonesia jika lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

1. Malaysia

Terakhir, ada Malaysia. Rival abadi Timnas Indonesia ini juga masih punya peluang lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

Dari 3 laga yang sudah dijalani, Malaysia sudah mengumpulkan 6 poin, sama seperti Singapura dan Vietnam. Mereka pun duduk di urutan kedua pada klasemen sementara Grup B. Hanya selisih poin saja yang jadi pembeda dari Vietnam, Malaysia, dan Singapura saat ini.

Namun, kans Malaysia dinilai bisa terancam untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2022, mengingat mereka hanya tinggal melakoni 1 laga lagi saja di Grup B. Laga yang akan dihadapi pun terbilang berat, yakni melawan Singapura.

Secara rekor pertemuan, Malaysia memang kalah dari Singapura. Dalam 5 pertemuan terakhir saja, Malaysia hanya sekali berhasil mengalahkan Singapura. Hal itu terjadi pada 2014 di Piala AFF. Malaysia menang 3-1. Selebihnya, laga dimenangkan Singapura 3 kali dan imbang 1 kali.

Jika akhirnya Malaysia berhasil lolos ke semifinal dan bersua dengan Timnas Indonesia, duel ini tentunya akan mendapat atensi besar karena rivalitas kedua tim. Tak ayal, laga akan berjalan seru nan sengit.

2. Vietnam

Kemudian, calon lawan Timnas Indonesia jika lolos ke semifinal Piala AFF 2022 adalah Vietnam. Mereka dianggap paling berpeluang lolos ke semifinal Piala AFF 2022 karena ketangguhannya dalam mengarungi turnamen tersebut.

Vietnam membuka perjalanan di Grup B dengan membantai Laos 6-0. Kemudian, Vietnam mengalahkan Malaysia 3-0. Alhasil, Vietnam sedang duduk di puncak klasemen sementara Grup B dengan 6 poin.

Sama seperti Singapura, Vietnam pun masih punya 2 laga tersisa di Grup B. Selain melawan Singapura, mereka akan berhadapan dengan Myanmar.

Jika akhirnya bersua Vietnam, Timnas Indonesia tentunya perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin karena kekuatan dari tim tersebut. Bahkan, armada Park Hang-seo jadi salah satu tim yang difavoritkan juara di Piala AFF 2022.

3. Singapura

Salah satu calon lawan Timnas Indonesia jika lolos ke semifinal Piala AFF 2022 adalah Singapura. The Lions -julukan Timnas Singapura- masih punya kans lolos ke semifinal usai mendulang kemenangan di 2 laga awal Grup B.

Melawan Myanmar di laga perdana, Singapuara menang tipis dengan skor 3-2. Kemudian, mereka mengalahkan Laos 2-0 di laga kedua. Alhasil, Singapura ada di urutan ketiga di klasemen sementara Grup B dengan 6 poin.

Singapura masih memiliki 2 laga tersisa di Grup B sehingga masih punya peluang lolos ke semifinal. Namun, di dua laga terakhir, mereka akan menghadapi lawan berat, yakni Malaysia dan Vietnam.

Jika akhirnya bersua Singapura, Timnas Indonesia akan mengulangi partai semifinal Piala AFF 2020. Kala itu, Skuad Garuda sukses melibas Singapura dengan agregat skor 5-3.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut