get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

5 Tips Atasi Kebiasaan Ngorok saat Tidur, Simak Selengkapnya!

Senin, 26 Desember 2022 | 16:54 WIB
header img
5 Tips Atasi Tidur Ngorok (Foto: ilustrasi)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Tahukah Anda, kebiasaan mendengkur atau ngorok saat tidur memang kerap membuat orang lain di sekitarnya merasa terganggu dan tidak nyaman. Mendengkur terjadi ketika saluran udara yang Anda hirup dan hembuskan terhambat dalam beberapa cara selama tidur. 

Jika saluran udara sebagian tersumbat atau menyempit, udara membuat jaringan yang ada di saluran napas bagian atas bergetar, yang mengarah ke suara yang disebut mendengkur. Ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan penyempitan kronis atau penyumbatan sementara saluran napas saat tidur. 

Mulai dari faktor obesitas atau kelebihan berat bedan, hidung tersumbat, hingga gaya hidup yang tidak sehat, posisi tidur, kelelahan, hingga faktor usia dapat berkontribusi untuk mendengkur. Namun, jangan khawatir, ada berbagai solusi yang dapat membantu menghentikan dengkuran.

Simak tipsnya berikut ini: 

1. Ubah posisi tidur 

Jawaban untuk segera menghentikan dengkuran itu sederhana dengan mengubah posisi tidur Anda. Studi menunjukkan bahwa mendengkur dapat dikurangi secara signifikan dengan mengubah posisi berbaring miring saat tidur. Perubahan ini, bagaimanapun, telah dicatat sebagian besar di antara orang-orang non-obesitas. 

2. Hirup Uap sebelum tidur  

Studi menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara kualitas tidur dan menghirup uap sebelum tidur. Karena kurang tidur dan kelelahan berkontribusi pada mendengkur dalam banyak kasus, menghirup uap setiap malam sebelum Anda tidur merupakan cara yang efektif untuk berhenti mendengkur. 

3. Tinggikan kepala anda saat tidur 

Tersumbatnya saluran pernapasan bagian atas adalah salah satu penyebab utama mendengkur. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengangkat kepala saat tidur dapat mencegah terhimpitnya saluran napas bagian atas pada pasien dengan apnea tidur obstruktif. 

4. Turunkan berat badan 

Karena jaringan yang berlebihan di leher dan tenggorokan meningkatkan kemungkinan penyempitan saluran yang menyebabkan mendengkur, menurunkan berat badan dapat membantu Anda berhenti mendengkur. 

Para peneliti telah menemukan perbedaan yang signifikan dalam prevalensi mendengkur antara orang dewasa yang sehat dibandingkan dengan mereka berbatasan dengan obesitas atau pra-obesitas. 

5. Gunakan Air Purifier di kamar  

Hidung tersumbat, kemungkinan penyebab mendengkur, dapat memburuk dalam suasana kering. Menggunakan pelembab udara di dalam ruangan dapat meredakan dan membantu membersihkan rongga hidung, yang dapat meredakan dengkuran.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul Kebiasaan Ngorok Saat Tidur, ini 5 Cara Atasinya!

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut